Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kembali Memimpin Pasar Motor Nasional

Kompas.com - 09/10/2009, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam penjualan motor nasional, Honda dan Yamaha bersaing bagaikan di arena balap. Dalam beberapa bulan belakangan, mereka susul-menyusul. Bila hingga Agustus lalu Yamaha menduduki podium pertama, khusus September, Honda kembali merebut posisi teratas.

Dari data bulanan penjualan wholesales AISI, posisi Honda—yang pada awal tahun memimpin—sempat digeser Yamaha. Dimulai dari April 2009 dan bertahan hingga Juli.

Pada Agustus, perubahan strategi bisnis dilakukan Honda dengan mulai menggenjot produksi skutik. Hasilnya, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM Honda motor di Indonesia berhasil kembali memimpin pasar motor bulanan. Prestasi ini diteruskan merek berlambang sayap mengepak hingga bulan lalu dengan total penjualan 199.285 unit. Sementara itu, total penjualan Yamaha 188.604 unit (termasuk ekspor 700 unit).

Dari total penjualan yang dikukuhkan kedua merek sepanjang Januari hingga September, Honda kembali merebut posisi pemimpin dengan perolehan 1.899.184 unit. Adapun Yamaha harus puas dengan pencapaian 1.892.401 unit.

"Target jualan bukan tujuan utama kita. Yang penting kepuasan pelanggan atas produk kami," ujar Dyonisius Beti selaku Vice President Director PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI), baru-baru ini.

Nah, persaingan tampaknya akan semakin seru seiring berkembangnya pasar motor nasional. Tinggal ditunggu saja pada akhir tahun, apakah Honda atau Yamaha pemenangnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com