Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Recall 3,8 Juta Unit

Kompas.com - 30/09/2009, 13:29 WIB

DETROIT, KOMPAS.com - Produsen mobil terbesar di dunia Toyota Motor Corp (TMC) berencana menarik (recall) 3,8 unit kendaraanya di pasar Amerika Serikat (AS).  Jumlah ini tercatat  yang terbesar sepanjang sejarah Toyota berkecimpung di industri otomotif global dan belum diketahui berapa kerugiannya. Penyebabnya, posisi karpet pada pengemudi yang kurang pas dan  bisa memaksa pedal gas tertekan memicu terjadi kecelakaan.

Pemerintah AS menyatakan, terdapat 100 laporan kejadian yang terkait dengan kerusakan. Sehingga menghasilkan 17 kecelakaan dan menelan lima korban jiwa. "Ini merupakan masalah yang mendesak," jelas Sekertaris Departemen Transportasi AS Ray LaHood, seperti dikutip Reuters.

TMC  melalui juru bicaranya Yuta Kaga menegaskan, recall hanya untuk mobil yang dijual di AS. Pabrikan kini terus meneliti permasalahan yang terjadi baik dari bahan karpet atau saat proses peletakkan di lantai mobil.

Pihak keamaanan dari Toyota dan Pemerintah AS memperingatkan konsumen Toyota untuk memindahkan karpet  yang di pengemudi. Terdapat delapan model mobil Toyota dan Lexus yang diproduksi dalam enam tahun ke belakang, termasuk Prius yang belum lama diluncurkan.

Sebelumnya, Departemen Keamanan Berkendara Nasional AS (The National Highway Traffic Safety Administration) melakukan investigasi serupa terhadap karpet di mobil Toyota sejak 2005 hingga 2007. Hasilnya, 50.000 unit mobil tertangkap mengalami kerusakan pada karpetnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com