Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Satria Berwajah Italia

Kompas.com - 10/08/2009, 14:08 WIB

KOMPAS.com — Sangar! itulah kata yang tepat diberikan pada Suzuki Satria F-150 ini. Bayangkan, Topo Goedhel Atmodjo dari Tauco Custom (TC) begitu berani mengubah bentuk dari bebek menjadi model sport dengan pemakaian body part yang minim. "Dengan body part yang sedikit pun bisa memperlihatkan kemampuan bermain detail," ujar Topo.

Seperti pemakaian rangka tubular dari pipa besi, misalnya. Biasanya, pada bagian tengah dibiarkan kosong, tetapi oleh Topo ditutup pakai pelat segitiga. Ini bukan pekerjaan mudah lantaran penutupannya harus presisi mengingat setiap bidang mempunyai kontur. Ternyata, Topo melakukannya dengan sempurna.

Kemudian, coba perhatikan ke cover lampu utama. Di sini, Topo terinspirasi dari Aprilia Mana. "Hanya bentuk lampu dipilih tirus. Beda sama Mana yang bulat," papar sang builder.

Beberapa komponen Aprilia juga menempel pada Suzuki, seperti lengan ayun (swing arm) dan garpu depan model upside down, diambil dari Aprilia Diablo, sampai velg pun dari motor Italia itu.

Ide liar Topo diperlihatkan pada desain knalpot. Bentuk di luar kelaziman, yakni persegi enam dan ujungnya supertrap. Tampilannya jadi menarik karena dipasangi semacam cover di bagian luarnya.

"Cover itu menguatkan kalau TC sekarang lebih memerhatikan detail di setiap motor konsumennya," sebut Topo. (Nurfil)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com