Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Rakit Ninja 650-R dan ER6-R Tahun Depan

Kompas.com - 27/07/2009, 11:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor di Indonesia melirik segmen moge. Setelah Suzuki, yang cukup banyak menyediakan modelnya, kini giliran Kawasaki. Bedanya, mereka bukan mendatangkan dalam bentuk built-up, melainkan merakit di Tanah Air.

Jenis yang akan dirakit mulai tahun depan adalah Ninja 650-R dan ER6-R. Keduanya mengusung mesin berkapasitas 650 cc, hanya dibedakan dari tampilannya. Kalau ER6-R menganut konsep naked bike, Ninja 650-R menerapkan full fairing.

Freddyanto Basuki selaku Manager Marketing & Research Development PT Kawasaki Motor Indonesia mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan feasibility studies untuk merealisasikan ini. Untuk menyiapkan lini produksi kedua motor ini, KMI memperkirakan perlu menyiapkan dana senilai Rp 2 miliar-Rp 3 miliar dengan kapasitas 100 unit per tahun.

"Soalnya kalau diimpor secara CBU (completely built-up vehicle) dari Thailand, harga keduanya sekitar Rp 130 juta per unit. Nah, kalau bisa dirakit di sini (Indonesia) harga bisa menyusut menjadi sekitar Rp 100 juta per unit. Bayangkan saja, motor berkapasitas mesin 650 cc dijual dengan harga segitu, pasti akan bagus permintaannya," paparnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Untuk tahap awal, lanjutnya, kedua motor ini masih diimpor berdasarkan pemesanan. Artinya, kalau ada pesanan, baru masuk ke Indonesia. Nah, para bikers penggila motor sport, beriaplah karena motor 650 cc rakitan Indonesia bakal hadir tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com