Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur-fitur Khusus Nissan All-New Teana

Kompas.com - 18/07/2009, 12:10 WIB

KOMPAS.com — All-New Teana 250 XV baru saja diluncurkan secara resmi di Indonesia dengan konsep produk ”modern, luxury & relax”. Di negara asalnya, Jepang, mobil ini diluncurkan 2 Juni tahun lalu.

Kalau di Jepang ditawarkan dengan dua versi yang berbeda berdasarkan mesin, 250 XV (mesin 2,5 liter) dan 350 XV (mesin 3,5 liter), di Indonesia hanya satu 250 XV. Sebelumnya, Teana yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin 2,3 liter.

Eksterior. All-New Teana berubah total, luar-dalam, mesin dan tranmsisi. Bahkan, dimensi juga menjadi sedikit lebih besar, kendati jarak sumbu rodanya masih sama. Kaca pintu juga lebih luas. Perubahan cukup berarti adalah lebar yang bertambah dari 1.765 mm menjadi 1.795 mm. Adapun panjang hanya bertambah 5 mm dan tinggi 10 mm.

Lekuk-lekuk bodi baru. Begitu juga desain grill, bumper, dan lampu depan. Untuk lampu, kini digunakan model segi lancar yang terdiri dari empat area. Lampu utama adalah tipe xenon. Juga ada tambahan lampu kabut. Grill tampil dengan garis-garis horizontal berlapis krom.

Di belakang, lampu kombinasi juga tampil dengan desain baru dan rem menggunakan lampu tipe LED. Adapun samping juga nada tambahan side moulding atau list pelindung berlapis krom. Bahkan, keempat pojok bemper depan dan belakang diberi pula list pelindung yang sama. Tak kalah menarik tentu saja  “electric glass sunroof” yang membuat mobil ini tampil gaya.

Interior. Kini desain jok lebih eksklusif dan artistik. Bahan yang digunakan kulit kualitas tinggi dan lebih halus. Menurut Nissan, selain mengubah desain busa jok, struktur komposisinya juga diubah sehingga bisa memberikan kenyamanan yang lebih baik lagi.

Perubahan desain juga terjadi pada dasbor, panel instrumen, dan setir. Setir dilengkapi dengan tombol audio dan cruise control. Di bagian tengah dasbor, tombol-tombol AC dan monitor sistem informasi disatukan dalam kestuan. Di bawahnya, audio dengan sistem kontrol langsungnya. 

Mesin & Transmisi. Tetap menggunakan konfigurasi V6. Namun kini, kapasitasnya 2,5 liter dan tenaga naik sedikit, 182 PS (sebelumnya 173 PS). Untuk itu torsi naik menjadi 23,2 kg-m dari 22,9 kg-m yang diperoleh pada putaran sama.

Untuk memindahkan tenaga mesin ke roda, kini digunakan CVT khas Nissan yang disebutnya Xtronic. CVT Nissan dilengkapi torque converter, seperti transmisi otomatik konvensional.

Perpindahan gigi berlangsung lebih  mulus, tidak ada sentakan atau lebih tepatnya  terjadi secara progresif (tipe stepless). Sistem dilengkapi pula dengan adaptive shift control (ASC). Dengan fitur ini, transmisi akan melakukan perpindahan gigi secara otomatis sesuai dengan gaya setiap pengemudi. Caranya, cukup menekan tombol yang berada di depan tongkat transmisi.      

Suspensi. Untuk meningkatkan kenyamanan, suspensi depan dimodifkasi lagi sesuai dengan karakteristik peredam kejut baru yang dengan pegas yang bisa memperpanjang langkah ekspansinya selama bodi mengalami gejala oleng (roll), yaitu saat membelok.  

Di belakang, Nissan menggunakan multi-link di belakang dengan posisi pemasangan peredam lebih dekat dengan ban. Tujuannya untuk memperoleh stabiltias yang makin baik.

Fitur lain: Sensor mundur atau back sonar 4 point, intelligent key (berfungsi sebagai anti-maling, dengan mengunci setir), tombol start mesin, jok dengan memori setelan, 6 airbag (termasuk tipe curtain), VDC (Vehicle Dynamic Control), ABS, EBD, BA (brake assist).

Dimensi (mm)
 
Panjang
4.850
Lebar
1.795
Tinggi
1.485
Jarak sumbu roda
2.775
Jarak terendah
145
Berat
1.531 kg
Kapasitas tangki
70 (liter)
 
Mesin
Tipe
V6, DOHC, 24 katup, CVTC
Kapasitas
2.496 cc
Diameter x langkah
85,0 x 73,3 mm
Perbandingan kompresi
9,8: 1
Tenaga maks
134kW (182PS) @6.000 rpm
Torsi maks.
118 (23,2) @ 4.400 rpm
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com