Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Honda Bali Pakai Sistem RF-ID

Kompas.com - 05/06/2009, 14:33 WIB

KOMPAS.com - Untuk memberi pelayanan dan kepuasan kepada konsumen, Honda Kuta Raya (HKR), Bali telah melakukan terobosan. Di lokasi yang barunya di Jl Imam Bonjol, Denpasar - sebelumnya di Jl.Wahidin dan bernama Honda Jayakarta Motor - dealer resmi Honda dengan layanan penjualan dan purnajual (sales, service, spare part) itu telah dilengkapi RF-ID (Radio Frequency- Identification).

"Jadi, setiap mobil konsumen yang ingin melakukan servis, ketika masuk sudah tercatat," ungkap Nyoman Harry Mulyadi, Direktur HKR ketika menemani rombongan wartawan Jakarta melihat dari dekat showroom berikut fasilitas bengkelnya yang baru. Pada mobil konsumen, lanjut Harry sudah dipasang stiker. Ketika mereka melewati alat sensor, dilayar lebar di dalam ruangan - dekat petugas penerima layanan servis - langsung keluar data kendaraan.

Lebih tepat, sebut Sugih Utomo selaku Service Manager HKR, alat itu sebagai pengganti nomor urut. "Konsumen tidak perlu mengambil nomor antrean atau menekan tombol untuk mendapatkan nomor urut. Pada layar itu akan keluar tiga pilihan "Quick Service", "Body Repair" dan "Repair"," jelas Sugih.

Menurut Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, langkah yang dilakukan oleh HKR dengan memakai RF-ID selama tidak melanggar standar Honda, boleh-boleh saja. "Kita punya standar seperti desain ruang dalam, warna lantai dan masih ada beberapa lagi," jelas Jonfis.

Untuk melakukan sesuatu, lanjut Jonfis, Honda punya sistem customize. "Ada showroom ingin menonjol kedaerahannya, boleh saja, tapi sesuai standar kita. Soal fasilitas tergantung kebutuhan daerah masing-masing. Seperti Jakarta yang kalau servis, mobilnya diantar sopir, untuk sopir kita kasih makan siang," papar Jonfis.

Berdiri di atas tanah seluas 6.500 meter persegi, HKR dilengkapi dengan layanan penjualan dan purnajual (sales, service , spareparts) yang terpadu. Di ruang pamer (showroom) seluas 472,5 m2 dilengkapi dengan kids corner, layanan Wi-fi dan cistomer lounge. Sedang fasilitas servis berada di area seluas 843,8 m2 dan untuk servis body dan paint dengan satu buah oven booth berada di area seluas 2.644 m2.

"Karena bengkel ini baru, sehari rata-rata masuk 16 unit dari semua produk Honda," sebut Harry. Mengenai penjualan, krisis ini di Bali mengalami penurunan sekitar 50%. Bila sebelum krisis bisa menjual 60 unit sebulan, sekarang berkisar 30-35 unit/bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com