Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Masih Pimpin Pasar Otomotif Indonesia

Kompas.com - 05/06/2009, 09:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski krisis ekonomi global belum pulih benar, tapi situasi pasar otomotif Indonesia terus menunjukkan ke arah perbaikan. Bukti kuat, bisa dilihat dari penjualan bulan ke bulan yang terus bergerak naik. Meski masih belum bisa dibandingkan dengan periode tahun lalu.

Seperti dialami PT Toyota Astra Motor (TAM). Penjualan Ritel Toyota untuk Mei 2009 berhasil menembus angka 14.399 unit dan tetap menempatkan Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif di Indonesia. Jumlah tersebut merupakan angka penjualan tertinggi dalam 5 bulan terakhir. Kontribusi terbesar tetap disumbangkan oleh Avanza sebanyak 8.956 unit disusul Kijang Innova dengan penjualan 2.419 unit.

Hasil penjualan Mei ini, menurut Johnny Darmawan tercatat sebagai yang tertinggi dalam 5 bulan terakhir. "Semoga ini merupakan sinyal positif dari perkembangan pasar otomotif nasional yang juga mencerminkan kondisi makro ekonomi nasional. Untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan, Toyota selalu memberikan yang terbaik dalam produk dan layanan bagi pelanggan setia Toyota di Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor itu.

Di kelas 4x2 compact, kendaraan anak muda yang Groovy, Toyota New Yaris berhasil mencatatkan angka penjualan sebesar 389 unit meningkat 53,8% dibandingkan penjualan bulan sebelumnya. Setelah peluncuran New Yaris bulan Maret lalu, permintaan New Yaris selalu mengalami trend yang positif.

Saat launching New Corolla Altis, April lalu, Johnny mengutarakan kepada Kompas.com perihal persediaan (stok) kendaraan, terutama untuk jenis sedan yang masih CBU. "Saat ini, kendaraan yang tersedia hanya cukup untuk 9 hari dalam sebulan. Ini memang kesalahan kita karena pesanan sesuai dengan prediksi awal tahun kalau pasar mobil turun sekitar 30%. Tapi, mulai Juli kondisinya sudah normal lagi," bilang Johnny. 

Dari seluruh produk Toyota,   terlaris masih dipegang MPV Avanza dengan angka penjualan sebesar 8.956 unit, meningkat sekitar 30% dibandingkan bulan sebelumnya dan tercatat sebagai penjualan tertinggi selama tahun 2009. Selain itu, mobil keluarga Indonesia, Kijang Innova telah mematok sebanyak 2.419 unit, meningkat sekitar 5% dibandingkan bulan sebelumnya.

Di kelas SUV, penjualan Toyota Rush juga mengalami peningkatan sebesar 8% atau sebanyak 911 unit, sedangkan Fortuner 4x2 berhasil meraih angka penjualan sebesar 396 unit.

Pada kelas kendaraan komersial, Truk Dyna juga meraih peningkatan penjualan dengan angka penjualan Dyna 4 tire sebanyak 81 unit atau meningkat 84,1% dibandingkan bulan lalu. Sedangkan Dyna 6 tire berhasil mencatatkan penjualan sebesar 464 unit atau meningkat 19% dibandingkan bulan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com