Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Motors Launching Nano, Mobil Termurah di Dunia

Kompas.com - 23/03/2009, 13:38 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com — Tata Motors me-launching mobil termurahnya di dunia, Nano, yang dilakukan di Mumbai, Senin (23/3). Kehadiran si kecil ini diharapkan bisa mengubah perjalanan jutaan orang India dan mendongkrak  penjualan mobil yang sedang lesu akibat krisis ekonomi global.

City car itu dihargai 100.000 rupees (2.000 dollar AS) tanpa dilengkapi AC, power window, ataupun power steering. Bermesin dua silinder, 4-speed bertransmisi manual, mobil ini mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 105 km/jam.

Ratan Tata, bos TM, yang membuka selubung mobil dalam acara yang begitu meriah, berharap, Nano bisa mengangkat masyarakat pemakai motor dan menjadi kendaraan andalan. “Saya telah mengamati satu keluarga naik vespa. Ayahnya jadi pengendara, sementara anaknya berdiri di depannya dan istri duduk di belakang sambil menggendong anak kecil,” sebut Tata ketika memperkenalkan protipe Nano tahun lalu.

Untuk tahun pertamanya, Tata menargetkan produksinya sebanyak 30.000 sampai 50.000 unit lantaran kapasitas produksinya terbatas. Seorang analis otomotif Indonesia kepada kantor berita AFP menyebutkan kalau nantinya, target produksi mobil ini bisa berkembang menjadi 250.000 unit setahun.

Ganesh Khand (38) yang sehari-hari mengendarai sepeda motor sebagai transportasi andalan mengungkapkan, kehadiran Nano diharapkan bisa jadi angkutan berkelas bagi istri dan kedua anak perempuannya. Sementara itu, Hasmukh Kakadia (39), seorang analisis Mumbai, menyebut Nano sebagai kendaraan value-for-money.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com