Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Honda Motor Bangun Pabrik Velg Racing

Kompas.com - 02/03/2009, 13:31 WIB

JAKARTA, SENIN — Produsen sepeda motor terbesar Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM), melakukan diversifikasi manufaktur dengan mendirikan pabrik velg racing (casting wheel). Pembangunan direncanakan April mendatang atau memasuki kuartal kedua 2009 dengan luas sekitar 1 hektare di Cikarang, Jawa Barat, dengan modal investasi sekitar 30 juta dollar AS.  

Menurut Vice President AHM Siswanto Prawiroatmojo, lokasinya masih satu arena dengan Honda. Pabrik ini ditargetkan mampu memproduksi sekitar 500.000 unit per tahun pada fase pertama. Bila berjalan dengan lancar, mereka berharap bisa meningkatkan kembali kapasitas produksinya hingga menjadi 1 juta unit. "Adapun kapasitas terpasangnya sekitar 3 juta unit," tukas Siswanto di Jakarta, Minggu (1/3).

AHM akan menggunakan velg racing itu untuk kepentingannya sendiri. Mereka sama sekali tidak ada niat untuk menjualnya secara ritel. "Ini untuk antisipasi kekurangan pasokan velg racing dari vendor seiring dengan melonjaknya permintaan. Makanya kami memperkuat basis produksi pada tahun ini,” tandasnya.

Selama ini, AHM hanya mengandalkan pasokan dari produsen lokal, seperti Enkei, Excell, dan Bako untuk memasok velg racing. Dengan hadirnya pabrik ini, sama sekali tidak akan mengganggu pasokan dari vendor.

Secara umum, kebutuhan velg racing pada 2009 ini akan semakin meningkat. Bisa dibilang kebutuhannya mencapai 70 persen dari penjualan motor Honda secara keseluruhan. Apabila target penjualan Honda pada 2009 ini mencapai 2,15 juta unit, lanjut Siswanto, maka kebutuhannya mencapai 1,5 juta unit.

Sedangkan pada tahun 2008 kebutuhan velg racing itu sekitar 60 persen dari penjualan motor Honda sebanyak 2,8 juta unit. Itu artinya kebutuhannya mencapai sekitar 1,6 juta unit velg racing. Sisanya tentu saja adalah velg jari-jari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com