Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan Yaris dan Prius III untuk Pasar Indonesia 2009

Kompas.com - 23/01/2009, 15:07 WIB

JAKARTA, JUMAT — Sebelum tutup tahun 2008, tepatnya saat peluncuran Toyota Avanza baru, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan pernah mengatakan bahwa pasar otomotif 2009 masih gelap. Kemudian, ketika memperkenalkan Toyota Hilux D-Cab di Golf Senayan, Jakarta, ia menegaskan sudah tidak gelap, tetapi tetap dengan prediksinya sekitar 400.000 unit total penjualan tahun ini.

Yang cukup mengagetkan, dari mulutnya terlontar kata "Toyota akan agresif tahun ini". Pengertiannya tentu sangat luas, tetapi benang merah dari ungkapan itu adalah berkaitan dengan produk-produk baru yang akan di-launching tahun ini.

Selama 2009, TAM paling sedikit akan menyodorkan tiga produk baru. Salah satunya Lexus yang sudah ditampilkan Kompas.com kemarin. Jika dari sumber dalam TAM menyebutkan satu model, informasi dari luar menyebutkan 4 model.

Model lainnya, sedan hatchback Toyota Yaris. Lagi menurut sumber dari dalam, sedan 1.500 cc ini akan hadir setelah lebih dulu launching di Thailand yang diperkirakan paling cepat Maret mendatang.

Namun, sebagai informasi Yaris 2009 sendiri punya tiga versi. Dua varian hatchback dan satu lagi model empat pintu. Semuanya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc.

Terakhir, Toyota Prius hybrid generasi III yang di Jepang baru diperkenalkan sekitar Mei mendatang. Harganya di atas Rp 200 juta, lebih mahal sedikit dari Honda Insight.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com