Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Undang Better Place Bangun Stasiun Pengisian Baterai

Kompas.com - 09/12/2008, 18:33 WIB

TOKYO, SELASA — Better Place (BP), perusahaan di Amerika yang lagi promosi kendaraan elektrik, mengatakan, Selasa (9/12), mereka akan membuat stasiun penukaran baterai yang merupakan proyek percontohan pemerintah yang mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Mobil listrik menjadi perhatian global lantaran tidak mencemari udara dan bila kondisi baterai lemah bisa diisi ulang.

Jadi, pengemudi yang tidak punya waktu untuk mengisi ulang baterai sampai di stasiun pengisian bisa menukar sementara. Prinsipnya, pemilik kendaraan elektrik dibikin senyaman dan sepraktis mungkin.

Menteri Lingkungan Jepang sengaja mengundang BP untuk turut serta dalam studi kelayakan pembuatan tempat pengisian baterai. Menurut rencana, proyek dimulai Januari 2009 di beberapa kota dengan target pengerjaan tiga sampai enam bulan. Lokasi pertama dimulai di Yokohama.

Pemerintah Jepang tidak cuma menunjuk BP—punya jaringan kerja sama dengan Israel, Denmark, Australia dan Amerika—sebagai pelaksana tunggal. Di luar itu, para pabrikan mobil di Jepang ikut dilibatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com