Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Motor Yakin Bisa Tembus 2,8 Juta Unit

Kompas.com - 05/11/2008, 16:56 WIB

JAKARTA, RABU - Meski 2008 masih tinggal satu bulan lebih, PT Astra Honda Motor (AHM) yakin bisa menembus total penjualan tahun ini yang ditargetkan 2,8 juta unit. Keyakinan AHM dilontarkan Johannes Loman, marketing Director PT AHM lantaran ditopang beberapa unsur.

Faktor paling utama, tentu dengan diluncurkannya Honda Tiger baru yang selisih harga dengan model lamanya terpaut sekitar Rp 2 juta. Sekalipun facelift, tapi sentuhan pada bagian yang diubah telah memberi tampilan yang sangat berbeda.

Faktor lain, grafik penjualan motor di tanah air yang masih memberi harapan. "Sampai September 2008, total penjualan sudah mencapai 4,7 juta unit. Dan berdasarkan informasi terakhir, hingga Oktober sudah menembus sekitar 5,320 unit, " jelas Sigit Kumala, General Manager Marketing & Product Development Division PT AHM.

Dari total penjualan sekarang, lanjut Sigit, kontribusi market terbesar dari Honda diserobot oleh jenis Cub sampai 65%. Memang tidak diperinci oleh Sigit, namun Yamamoto memberi angka sampai September 2008 dari 4,7 juta unit itu, Honda telah meraup sekitar 2,2 juta unit.

Tiger sendiri dari bulan ke bulan terus menunjukkan peningkatan. "Bila tahun lalu mematok 7,7%, pada 2008 ini sampai September sudah mencapai 9,7%. Bahkan Total penjualan 2007 sebanyak 54.360 unit sudah berhasil dilampaui sampai September sebanyak 56.109.

Mengenai pertumbuhan pasar tersubur buat Honda, Johannes menyebut Jawa dan Bali. Kedua daerah itu memberi kontribusi sekitar 60 sampai 65%. Jadi, prinsipnya, tegas Johannes, AHM tidak melakukan koreksi pasar. "Kami tetap pada target awal 2,8 juta unit untuk total penjualan, sedang produksinya total 3 juta unit,"tutup Johannes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com