Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2020-an Semua Produk Toyota Sudah Bermesin Hybrid

Kompas.com - 25/08/2008, 07:29 WIB

JAKARTA, SENIN - Dari seluruh pabrikan mobil di dunia, Toyota Motor Corporation (TMC) paling gencar mengembangkan teknologi hybrid. Bahkan boleh dibilang Toyota agak ngotot  dan beberapa modelnya sudah pakai hybrid. Padahal, sekarang ini sejalan dengan hybrid juga lagi ramai digarap bio-fuel.

Kenapa TMC ke depannya ngotot semua modelnya harus sudah menggunakan hybrid?
Joko Trisanyoto menjelaskan kepada Kompas.com. "Menurut pengamatan TMC, kapasitas bio-fuel di muka bumi ini hanya tersedia 20% dari minyak bumi," jelas direktur marketing TAM ini. Sedangkan hybrid, lanjutnya tersedia 50% malah nantinya hybrid juga bisa menggunakan bio-fuel.

Makanya, Watanabe, bos TMC kata Joko minta sampai tahun 2020-an, semua produk Toyota sudah pakai hybrid. "Kalau untuk kepastian tahunnya, kita ambil saja yang paling akhir. jadi asumsi saya, yakni 2029," papar Joko.

Tak heran,  penjualannya sudah tersebar ke seantero jagad. Ketika TMC melaporkan keuntungannya di semester pertama 2008, total penjualan untuk unit hybridnya  sudah melebihi 1,6 juta unit. Termasuk di Indonesia telah terjual selegintir unit dan ketika mengikuti acara Metropolitan Rally, Juni lalu Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia menurunkan lima unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com