Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Kijang Diekspor ke Amerika

Kompas.com - 20/08/2008, 18:04 WIB

JAKARTA, RABU - Toyota Astra Motor (TAM) akan mengekspor mesin Toyota Kijang Innova  ke Amerika Serikat. Hal tersebut diungkapkan Jhonny Darmawan, Presdir PT TAM, kemarin di Jakarta. Memang, Jhonny belum membocorkan, kapan mesin itu akan mulai dikirim. 

Dijelaskan, saat ini konsumen mobil di negara Paman Sam itu cenderung memilih mesin berkapasitas lebih kecil dan efisien. Untuk mengantisipasi pasar tersebut, Toyota Motor Corporation (TMC), prinsipal TAM, menawarkan mesin bensin 2.000 cc yang selama digunakan untuk Kijang Innova.

“Mesin Kijang itu nantinya dipakai untuk Tacoma,” lanjut Johnny. Tacoma adalah pick up Toyota yang dipasarkan di Amerika. Saat ini Tacoma menggunakan dua pilihan mesin, yaitu V-6, 4.000 cc dan mesin 4 silinder 2.700 cc. Menurutnya mesin, 4.000 cc itulah yang akan diganti.

Strategi yang dilakukan Toyota, Tacoma tetap menggunakan dua pilihan mesin, namun kapasitasnya lebih kecil, yaitu 2.700 cc atau 2.000 cc. Karena itu pula, pabrik mesin yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara itu, kini harus bekerja penuh, tiga shift. Karena itulah ia berharap, pemadaman listrik bergilir yang dilakukan PLN saat ini, termasuk pabrik, harus dicarikan solusi secepatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com