Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes Ciptakan Teknologi Buat Pengemudi yang Ngantuk

Kompas.com - 14/08/2008, 07:39 WIB


Pertengahan tahun depan, Mercedes Benz memperkenalkan teknologi inovatif terkininya. Pabrikan mobil asal Jerman itu menamakan temuan mereka, "Attention Assist" (AS). Perangkat ini bertugas memberitahu pengemudi bahwa fisiknya sudah lelah dan perlu istirahat. Jadi secara otomatis akan memperingatkan pengemudi untuk segera rehat. 

Diciptakannya AS, menurut  para ahli  yang merupakan nara sumber Mercedes-Benz,  kecelakaan  serius yang terjadi di jalan tol disebabkan 25% karena kelelahan. Ini sering terjadi saat musim liburan, terutama bila pengemudi melakukan perjalanan jauh berjam-jam. 

Pada kondisi seperti ini, pengemudi sering mengalami fenomena  yang disebut “one second nap” atau tidur  sekejab. Bahayanya,  reaksi pengemudi makin lambat setelah melakukan perjalanan non-stop  4 jam. 

Sistem bekerja AS di sini memantau tingkah laku dan kondisi pengemudi saat berada di belakang kemudi mobilnya berdasarkan  akselerasi  yang terjadi ke arah  depan atau samping mobil.  Parameter lainnya adalah kondisi jalan, cuaca dan waktu mengemudi (misalnya jam tiga pagi atau sore), gerakan setir,  pedal –pedal  (gas dan rem) plus sejumlah kondisi  lain di luar mobil. Seperti angin dan permukaan jalan yang tidak mulus. Meski belum ada penjelasan dari pabrik mobil yang berpusat di Stuttgart, Jerman ini.  Namun pengamat memperkirakan teknologi ini akan disertakan pada Mercedes E-Class yang akan diluncurkan tahun depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com