Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Tampilkan Lancer untuk Reli Dakar 2010

Kompas.com - 08/08/2008, 06:21 WIB

JAKARTA, JUMAT – Batalnya pementasan reli paling ganas di dunia, Dakar Rally, tahun lalu karena menyangkut keselamatan tidak berarti tamat buat lomba yang membelah samudra padang pasir di Afrika itu. Justru event yang digagas oleh mendiang Thierry Sabine dengan organisasinya, Thierry Sabine Organizations (TSO) pada 1970-an, rencananya akan dialihkan dari Arab ke Amerika Selatan.

Untuk menyambut penyelenggaraan di medan baru itu, Mitsubishi tidak berencana mengubah secara historis penampilan mereka. Beberapa waktu lalu pihak prinsipal Jepang mengumumkan akan mengembangkan Mitsubishi Lancer sebagai senjata andalan untuk menaklukkan reli maraton ini.

Apalagi, federasi otomotif internasional (FIA) memiliki rencana dengan regulasi baru. Pada 2010, kendaraan yang mengikuti lomba bermesin diesel 3.0L V6 turbocharged. Mitsubishi sendiri sudah mulai melakukan pengembangan selama babak kualifikasi Reli Dakar dan melalui event kejuaraan dunia reli panjang.

Melalui mesin diesel itu didapat tenaga 260 hp dengan torsi 650 Nm untuk menggerakkan keempat roda (4WD) yang dilengkapi limited slip central differential. Bodinya sendiri terbuat dari bahan serat karbon. Lancer berbodi seperti Pajero ini baru akan diterjunkan pada 2010, sementara untuk tahun ini masih tetap mengandalkan bodi lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com