Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Hibrida dari General Motors

Kompas.com - 25/07/2008, 06:20 WIB

JAKARTA, JUMAT - Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, John McCain, berkunjung ke Volt Design Center di General Motors Technical Center (GMTC)  di Warren, Michigan (18/7). John McCain yang didamping Chief Executive Officer General Motors, Rick Wagonen sempat menyaksikan Chevrolet Volt, yang merupakan mobil hibrida dari General Motors.

Walaupun General Motors (gm) menyebut Volt sebagai mobil listrik, sesungguhnya Volt adalah mobil hibrida. Pada merek-merek lain, mobil serupa dengan Volt dikenal dengan nama hibrida plug-in.

Volt dilengkapi dengan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar.

Hanya saja, mesin bensin berkapasitas 1.0 Liter, 3 silinder segaris, yang menghasilkan tenaga maksimum 71 PK itu tidak mempunyai hubungan mekanis dengan roda, seperti mobil hibrida konvensional.

Volt sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik bertenaga 161 PK yang mendapatkan tenaga listrik dari baterai lithium-ion. Mesin bensin yang beroperasi pada 1.800 putaran mesin per menit (rpm) itu hanya berfungsi sebagai generator listrik untuk memasok (mengisi ulang) listrik pada baterai lithium-ion yang bertugas menjalankan motor listrik. Dengan demikian, mesin bensin secara otomatis hidup jika persediaan listrik di baterai berkurang. Dan, setelah baterai terisi penuh, mesin bensin secara otomatis mati.

Baterai juga dapat diisi dengan mencolokkan steker ke dalam stop kontak di rumah, kantor, atau tempat-tempat lain yang menyediakan listrik dengan tegangan 110-220 volt, dengan waktu pengisian sela- ma 6-6,5 jam. Kabel dengan steker terdapat di bagian kiri dan kanan mobil sehingga memudahkan pengisian ulang dilakukan.

Tidak hidup sama sekali

Dengan sepenuhnya mengandalkan baterai, jarak tempuh Volt hanya sekitar 64 kilometer per jam. Dengan rata-rata jarak tempuh orang di bawah 64 kilometer per hari, bisa dikatakan mesin bensin yang disandang Volt tidak hidup sama sekali sehingga tidak ada CO2 yang dilepaskan ke udara.

Dengan dibantu mesin bensin yang tangkinya terisi penuh sebanyak 45,4 liter, Volt dapat melakukan perjalanan sejauh 1.030 kilometer.

Volt dapat juga menggunakan bensin yang dicampur dengan etanol sebagai bahan bakar, sampai maksimal 85 persen (E85), tanpa perlu dilakukan modifikasi mesin.

Volt dapat berakselerasi 0-100 kilometer per jam, ditempuh dalam waktu 8,7 detik.

Volt pertama kali dimunculkan di Detroit Motor Show pada tanggal 7 Januari 2007. Namun, untuk memiliki mobil tersebut, orang masih harus menunggu selama dua tahun karena diperkirakan mobil tersebut baru akan diproduksi pada tahun 2010.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com