Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Mobil di Pameran Rp 1,7 Triliun

Kompas.com - 19/07/2008, 21:53 WIB

JAKARTA, SABTU - Satu hari menjelang berakhirnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 dilangsungkan Exhibitor Night di Merak Room, JCC, Sabtu (19/7). Pada acara itu diumumkan berbagai hasil lomba best car, miss motor show, best stand, dan penulisan terbaik. Namun, sebelum pengumuman, ketua II pelaksana pameran Jongkie D Sugiarto menyampikan laporan, mulai dari jumlah pengunjung sampai transaksi penjualan.

Dalam laporannya, Jongkie menyebutkan pameran diikuti 18 ATPM dan 121 pendukung industri otomotif. Selama pameran dipajang sebanyak 160 kendaraan berbagai model, baik yang telah maupun akan dipasarkan di Indonesia yang masih berupa konsep. Kemudian untuk lomba best car diikuti oleh 40 kendaraan.

Dari segi penonton, selama sembilan hari tercatat sebanyak 183.123 pengunjung. Jumlah ini memang sudah melebihi angka tahun lalu, tetapi belum mencapai target panitia yang mematok 222.000 pengunjung.

Untuk transaksi penjualan, selama pameran sudah terjual sebanyak 6.400 unit dengan nilai transaksi sebensar Rp 1,7 triliun. Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan tahun lalu yang berkisar Rp 1,5 triliun. Seperti Honda, sampai berita ini diturunkan sudah mencapai 1.205 unit dan menurut Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, lebih dari separuhnya direbut oleh New Honda Jazz. "Dengan sisa waktu tinggal besok, mudah-mudahan bisa mencapai target 1.500 unit," tutur Jonfis.

Satu hal yang disenangi Jonfis, bukan saja penjualannya meningkat, melainkan juga New Honda Jazz yang baru di-launching pada Juni lalu berhasil menyandang gelar Best Car Mini MPV dan Best Velue. Kenaikkan tak cuma dinikmati Honda, tapi juga Hyundai yang selama pameran terjual sekitar 400 unit. Tertinggi direbut Hyundai Avega lalu Hyundai H1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com