Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Menembus Banjir dengan Aman?

Kompas.com - 01/02/2008, 13:25 WIB

BANJIR kembali melanda Jakarta. Hadangan genangan air di banyak ruas Ibu Kota tentu menjadi momok yang menakutkan bagi para pegendara mobil, terlebih untuk jenis sedan. Namun sesungguhnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan mobil kesayangan menerjang genangan air.

Pertama, pastikan bahwa ketinggian air di jalan tidak lebih tinggi dari saluran udara dan sistem pengapian. Tak menjadi soal apakah knalpot terendam atau tidak, sebab tekanan udara pembuangan akan menekan air keluar. Hanya saja, jangan sampai mesin mati di tengah genangan, karena air akan langsung menyusup ke ruang bakar, begitu tak ada tekanan udara. Kendarai mobil dengan stabil, dan gunakan putaran gas yang stabil.

Di luar hal teknis, sebaiknya kita sudah mengenal betul kondisi jalan dan bisa memperkirakan ketinggian genangan air. Pastikan tak ada lubang yang bisa mengakibatkan mobil terperosok lebih dalam. Sementara, kondisi fisik kendaraan pun harus dipastikan sempurna. Mulai dari fungsi kelistrikan, karet pelapis pintu, wiper, hingga cairan pembersih kaca. Kondisi prima dari semua elemen tersebut akan mendukung performa mobil untuk menembus genangan air.

Selain itu, saat hujan deras disertai petir, berhati-hatilah menggunakan radio tape mobil. Sebab beberapa komponen di dalam radio tape sangat rawan terhadap gangguan petir. Dan, Setelah berhasil melalui banjir, jangan keburu nafsu memacu kendaraan. Ingat, jalan basah berpotensi mengurangi traksi antara mobil dengan permukaan jalan yang bisa mengakibatkan hilangnya kemampuan pengereman. Selamat menembus banjir... (GLO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com