Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Setinggi Betis, Warga Kelapa Gading Siaga

Kompas.com - 01/02/2008, 12:36 WIB

JAKARTA, JUMAT-Warga di kawasan Kelapa Gading Jakarta Timur mulai bersiaga menghadapi kemungkinan datangnya banjir menyusul hujan yang mengguyur Jakarta sejak pukul 05.00 WIB hingga Jumat (1/2) siang.
   
M.Cholil (64) warga Kelapa Gading Cengkir, Jakarta Timur, memaparkan ketinggian air di jalan sekitar pemukimannya mencapai 40 cm atau setinggi betis orang dewasa. "Semula saya hendak berangkat ke kantor di Jalan Yos Sudarso, namun karena dimana-mana macet dan khawatir akan terjadi banjir, maka memutuskan untuk pulang ke rumah, tahun yang lalu juga kebanjiran," katanya.
   
Ia menjelaskan sebagian besar warga yang tinggal di perumahan tersebut sudah menyiapkan bila sewaktu-waktu terjadi banjir seperti yang terjadi awal 2007 lalu, tepatnya tanggal 1 dan 2 Februari. 
   
"Hingga pukul 11.30 WIB genangan air masih terus meninggi di jalan depan rumah saya. Namun beberapa tetangga yang rumahnya lebih rendah mungkin air sudah masuk sampai ke pekarangan. Antisipasinya menaikkan barang-barang ke lantai dua," paparnya.
   
Warga di kawasan itu, masih menurutnya, 25 persen memilih meninggalkan rumah dan menginap di hotel atau pergi ke luar kota apabila rumahnya terendam banjir. Ia sendiri telah meminta sopir untuk mengamankan beberapa mobil yang dimilikinya. (ANT)
   
Di kawasan itu terdapat 800 kepala keluarga dalam satu RW.  Cholil mengaku sangat was-was ancaman banjir seperti awal 2007 akan kembali terulang.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com