Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Avanza-Xenia Lawas Kembali Diburu di Pasar Mobil Bekas | Ini Mobil Bekas yang Harganya Anjlok

Kompas.com - 08/06/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi lawas dari mobil sejuta umat, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia kini kembali populer di pasar mobil bekas.Bahkan, konsumen sampai ada yang melakukan pemesanan di diler langganannya.

Dikatakan salah satu pemilik lapak mobil bekas di WTC Mangga Dua, Peter, kondisi ini sudah terjadi beberapa bulan belakangan. Tapi memang permintaannya mayoritas datang dari daerahh Pulau Jawa, bukan Ibu Kota.

"Kalau mobilnya masih segar, laku sangat. Di Jawa sangat dicari-cari Avanza tahun 2002-2004. Bahkan harganya bisa sama dengan yang tahun 2008, yaitu Rp 90 juta sampai Rp 100 jutaan. Tetapi balik lagi, tergantung kondisinya ya," kata dia kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Selain itu, penurunan harga atau depresiasi pada kendaraan bermotor baru, khususnya mobil, masih menjadi salah satu pertimbangan penting konsumen Indonesia untuk melakukan pembelian.

Cara mudah untuk melihat kisaran depresiasi harga, adalah dengan melirik pasar mobil bekas. Tapi perlu diingat bahwa metode ini bukan penentu atas kualitas kendaraan atau kelayakan pakainya.

Baca juga: Pertamina Mulai Jual BBM Bioetanol Bulan Depan 

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 7 Juni 2023 : 

1. Avanza-Xenia Lawas Kembali Diburu di Pasar Mobil Bekas

Bukit dan lembah di Sumatera Barat dilibas dengan mudah oleh Toyota Avanza.Donny Apriliananda Bukit dan lembah di Sumatera Barat dilibas dengan mudah oleh Toyota Avanza.

"Di Jakarta ada juga (permintaannya), tapi kebanyakan pedagang Jakarta buang ke Jawa untuk mendapatkan harga yang bagus dan lebih ramai (pasarnya)," tambah Peter.

Hal serupa diungkapkan Munir, salah satu pemilik lapak mobil bekas di sentra bisnis Harapan Indah Bekasi. Menurut dia, selain dari harga, salah satu alasannya karena mobil penggerak belakang.

Baca juga: Avanza-Xenia Lawas Kembali Diburu di Pasar Mobil Bekas

2. Ini Mobil Bekas yang Harganya Anjlok

DFSK Glory 560 saat dijajal di kawasan Lido, SukabumiDFSk DFSK Glory 560 saat dijajal di kawasan Lido, Sukabumi

Kalau dilihat ke pasaran mobil bekas, ada beberapa mobil yang harga pasarannya jatuh. Selain kendaraan premium, kebanyakan merupakan kendaraan dari pabrikan China yang tiga tahun belakangan mulai ramai masuk ke pasaran.

Misal seperti yang dikatakan salah satu pemilik lapak mobil bekas di kawasan WTC Mangga Dua, Peter. Menurut dia, mobil-mobil yang tingkat penjualan barunya tidak begitu masif maka harga jual kembalinya bakal turun cukup jauh.

 Baca juga: Ini Mobil Bekas yang Harganya Anjlok

3. Intip Kabin Sleeper Bus Baru Milik PO Marus

Kabin bus baru PO Maju Terus Instagram @Laksanabus Kabin bus baru PO Maju Terus

Karoseri Laksana secara resmi merilis foto interior bus baru milik perusahaan otobus (PO) Maju Terus atau yang populer dengan sebutan Marus.

Sebelumnya, pada awal Mei 2023, melalui Instagram resminya @maju_terus_ptk, telah membocorkan bila telah meluncurkan satu unit bus anyar.

Baca juga: Intip Kabin Sleeper Bus Baru Milik PO Marus

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com