Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Bersubsidi Sudah Dipesan 647 Unit

Kompas.com - 07/06/2023, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Syarat pengajuan subsidi motor listrik dinilai cukup merepotkan bagi beberapa orang. Tak heran penyaluran motor listrik bersubsidi terbilang lambat.

Dikutip dari laman situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira.id), kuota subsidi pembelian motor listrik sepanjang tahun berjalan masih tersisa 199.348 unit, hingga Rabu (7/6/2023).

Artinya, minat pembelian motor listrik bersubsidi baru mencapai 647 unit. Angka yang cukup rendah, mengingat total kuota yang diberikan pemerintah sebanyak 200.000 unit hingga akhir 2023.

Baca juga: Bikin Bingung, Ini yang Terjadi kalau Mobil Pakai Lampu Rem Modifikasi

Sepeda listrik produksi Selis di PEVS 2023, JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023).KOMPAS.com/XENA OLIVIA Sepeda listrik produksi Selis di PEVS 2023, JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023).

Adapun, sampai saat ini baru ada 4 unit motor listrik bersubsidi yang dilepas ke pasar. Sementara itu, terdapat satu orang lainnya yang sudah terverifikasi.

"Jadi subsidi ini diberikan pada diler dan ini sifatnya restitusi sehingga ada kesan pembayarannya lama. Ini yang sedang kita evaluasi, agar pembayaran bisa dilakukan dalam waktu 1 hingga 2 bulan,” ujar Kepala Staf Kepresiden Moeldoko, dikutip dari tayangan langsung Youtube Kemkominfo TV (6/6/2023).

Ia juga mengklaim, pemerintah telah melakukan evaluasi terkait penyaluran subsidi untuk pembelian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), terutama untuk jenis roda dua atau motor.

Baca juga: Bocoran Ubahan Daihatsu Terios yang Segera Meluncur

“Pemberian subsidi untuk pembelian motor listrik ini merupakan semangat pemerintah untuk pengembangan kendaraan listrik,” kata Moeldoko.

Jadi jangan berikan sesuatu yang ribet pada masyarakat. Dan sekarang pemerintah sedang siapkan mekanisme yang lebih sederhana dan praktis,” ucapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com