Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Hemat Beli Sepeda Motor Listrik

Kompas.com - 06/06/2023, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Harga motor listrik di pasaran cukup bervariasi, mulai jutaan rupiah sampai puluhan juta rupiah. Namun harga yang murah biasanya dibarengi dengan kapasitas baterai yang kecil.

Sementara buat mobilitas sehari-hari, kapasitas baterai standar kadang tidak mencukupi. Konsumen butuh baterai kapasitas lebih besar agar bisa menempuh jarak lebih jauh.

Untuk mengakali tingginya harga motor listrik yang punya daya jangkau jauh, sebagai solusi saat ini konsumen bisa memodifikasi baterai bawaan motor.

Baca juga: Video Toyota Sienta Gagal Nanjak di Gunung Pancar, Ini Penyebabnya

sistem penggerak dan baterai motor listrik Ion mobility M1-SJanlika Putri/ Kompas.com sistem penggerak dan baterai motor listrik Ion mobility M1-S

Abdullah, pemilik bengkel spesialis motor listrik E-Clont, mengatakan, saat ini banyak konsumen yang meningkatkan kapasitas baterai motor listrik murah supaya bisa jalan lebih jauh.

“Sekarang yang ngetren seperti itu, beli motor listrik murah lalu dimodif. Karena harga motor listrik dari merek terkenal kan sudah mahal sekali,” ujar Abdullah, kepada Kompas.com (5/6/2023).

Menurutnya, merek motor listrik murah seperti Uwinfly, banyak dipilih konsumen sebagai bahan modifikasi.

Baca juga: Pemerintah Mau Bebaskan Syarat Penerima Subsidi Motor Listrik

Sementara itu, Abdullah juga mengatakan, biaya modifikasi baterai cukup bervariasi tergantung kebutuhan konsumen.

“Harga baterainya saja kisaran Rp 4 jutaan sampai Rp 10 jutaan, kalau ditambah controller Rp 1 jutaan,” ucap Abdullah.

Buat Uwinfly T3 misalnya, dengan harga motor berada di sekitar Rp 15 juta. Dan biaya modifikasi baterai mulai Rp 5 jutaan. Maka konsumen sudah bisa menempuh jarak lebih jauh dengan motor listriknya.

“Jarak tempuh faktornya banyak sekali, cuma kalau dirata-rata bisa 60-70 Km. Standarnya Uwinfly T3 paling 40 Km,” ujar Abdullah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com