Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Lampu Proyektor Mobil, Estimasi Biaya yang Dikeluarkan

Kompas.com - 06/06/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah mobil keluaran terbaru saat ini sudah mengaplikasikan lampu proyektor atau yang dikenal dengan sebutan lampu high-intensity discharge (HID).

Dibandingkan lampu halogen, lampu proyektor memiliki sejumlah kelebihan, seperti punya cahaya yang lebih terang dan diklaim lebih hemat energy. Tak heran jika beberapa pemilik kendaraan memilih untuk melakukan modifikasi dengan mengganti lampu halogen menjadi proyektor.

Baca juga: Ketahui Interval Ganti Air Radiator Mobil Secara Rutin

Salah satu yang menyediakan upgrade tersebut adalah Shine Auto Light (spesialis headlamp, projector, tail light, LED) yang berada di Mal Mega Glodok Kemayoran (MGK) Jakarta Pusat.

Owner Shine Auto Light, Rico, mengatakan, saat ini cukup banyak pemilik kendaraan yang melakukan upgrade headlamp dari halogen menjadi proyektor dengan alasan sinar yang dihasilkan dinilai masih kurang terang.

“Mobil lama atau pun keluaran terbaru sekarang banyak yang lampunya kurang terang. Jadi banyak pemilik mobil yang mengeluhkan hal itu, makanya kita tawarkan proyektor supaya sinar yang dihasilkan lebih terang,” ucap Rico, kepada Kompas.com, Senin (5/6/2023).

contoh lampu proyektor mobil merek osramdok shine auto contoh lampu proyektor mobil merek osram
Untuk tipe mobil yang bisa dilakukan modifikasi lampu ini pun beragam, namun umumnya kendaraan lawas yang masih menggunakan lampu halogen.

“Paling sering Innova Reborn, Avanza, pokoknya di bawah tahun 2015, yang rata-rata masih halogen. Tapi keluaran baru seperti Innova Zenix yang sudah menggunakan LED juga bisa kita ganti tetapi pengerjaannya lebih lama,” kata Rico.

Bicara soal harga, Shine Auto menawarkan lampu proyektor dengan dibanderol mulai Rp 2 jutaan sampai Rp 5 jutaan, sudah termasuk jasa pemasangan. Selain itu, ada tiga pilihan merek yang tersedia mulai dari Shine Auto, Osram dan Hyperion.

Baca juga: Harga MPV Bekas per Juni 2023 mulai Rp 48 Jutaan

“Pilihan proyektor kita banyak sekali, dari Rp 2 juta sampai Rp 5 juta. Perbedaan harga dari merek, kemudian tingkat keterangan, semakin terang akan semakin bagus,” ucap Rico.

Adapun untuk proses pemasangan lampu proyektor ini bisa ditunggu, membutuhkan waktu 3 jam sampai 5 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com