Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Model Y Jadi Mobil Terlaris di Dunia

Kompas.com - 29/05/2023, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tesla Model Y berhasil menjadi mobil penumpang terlaris di dunia pada kuartal pertama 2023. Pencapaian movil listrik ini bahkan mengalahkan mobil konvensional berbahan bakar bensin.

Dilansir dari Paultan.org, menurut data yang dirangkum dari 53 pasar di seluruh dunia dari firma riset Jato Dynamics, selama Januari-Maret 2023, Model Y memimpin penjualan dengan raihan 267.200 unit.

Jumlah tersebut meningkat 69 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun untuk pasar, Model Y laris di China dan Eropa, bahkan di Amerika Serikat tumbuh 68 persen di pasar yang sama.

Baca juga: Yamaha Sebut M1 Lambat Bukan Karena Faktor Pebalap Tes

Tesla Model YDoc Carscoops Tesla Model Y

Untuk diketahui, tahun lalu Model Y berada di peringkat ketiga mobil paling laris laris di dunia di belakang Corolla dan RAV4.

Menurut data dari 152 pasar, pada tahun lalu Model Y terjual 747.500 unit atau meningkat 91 persen dari tahun 2021.

Toyota Corolla berada di posisi kedua dengan jumlah penjualan 256.400 unit. Padahal menurut catatan model andalan Toyota ini dijual dalam berbagai plilihan bodi, mulai sedan, hatchback, dan station wagon.

Penjualan Corolla disebut terus turun di beberapa negara.Di China contohnya Corolla turun 29 persen di kuartal pertama 2023, sedangkan di pasar AS turun 10 persen. Beruntung di Eropa penjualan Corolla meningkat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Toyota Innova Reborn Diesel Boros BBM?

Tesla Model Y jadi mobil listrik termurah Tesla.AUTOCAR.co.uk Tesla Model Y jadi mobil listrik termurah Tesla.

Di sisi lain, Tesla Inc masih menjadi perusahaan mobil listrik dengan penjualan elektrifikasi tertinggi di dunia sepanjang kuartal pertama 2023 mengalahkan sejumlah pesaingnya, seperti BYD dan Volkswagen (VW) Group.

Melansir insideevs dari catatan penjualan masing-masing perusahaan mobil di dunia, Tesla disebut mampu meningkatkan performa penjualannya dari tahun ke tahun.

Pada periode tersebut, mobil Tesla yang dijual mencapai 422.875 unit. Tepat di bawahnya, ada BYD (tanpa kendaraan komersial) dengan 264.647 unit.

Baca juga: Alasan Mengapa Harga Pikap Mitsubishi L300 Seken Bertahan Tinggi

Tesla Model Y di IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Tesla Model Y di IIMS 2022

Meskipun secara pertumbuhan BYD jauh lebih tinggi yaitu 85 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu alias year-on-year (yoy). Sementara Tesla, hanya mampu meningkatkan penjualan 36 persen yoy.

Adapun perusahaan otomotif dengan penjualan mobil listrik terbanyak selama Januari-Maret 2023 selanjutnya ialah VW Group yang mencangkup VW, Audi, Porsche, Skoda, Cupra, serta Volkswagen Commercial Vehicle, yaitu sebanyak 140.852 unit.

Untuk diketahui, pada 2022 lalu Tesla berhasil mengirimkan lebih dari 1,3 juta unit mobil listrik (naik 40 persen yoy). Sementara BYD, mencapai 900.000 unit (naik 184 persen yoy) dan VW Group lebih dari 570.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com