Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Remehkan Peran Tuas Kecil pada Spion Tengah Mobil

Kompas.com - 29/05/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik mobil baru, mungkin tak sedikit yang menyadari fungsi dari tuas kecil pada kaca spion tengah atau yang kerap disebut sebagai spion kabin, khususnya untuk yang model konvensional.

Bahkan tak jarang tuas kecil pada bagian bawah spion kabin tersebut dianggap hanya sekadar aksesori, tanpa menyadari fungsi sebenarnya yang berguna dalam menunjang kenyamanan berkendara.

Pada dasarnya, kaca spion tengah atau kabin memiliki kegunaan yang sama dengan spion yang berada bagian luar baik bagian kiri atau kanan. Hanya saja soal objek, memang fokus pada area belakang mobil.

Terkait soal tuas kecil pada bagian bawahnya, punya peran tak hanya sebagai setelan saja, tapi bisa sangat membantu ketika sedang berkendara di malam hari.

Baca juga: Seberapa Akurat Perhitungan Konsumsi BBM pada MID Mobil

Pengharum mobil berupa botol kayu yang digantng di spion tengahautowise.com Pengharum mobil berupa botol kayu yang digantng di spion tengah

Fungsinya untuk menghalau pancaran sinar lampu dari mobil belakang ketika cukup menyilaukan, seperti saat menggunakan lampu jauh atau high beam.

Dengan menekan tuas tersebut, otomatis posisi spion kabin akan berubah dan bisa membiaskan cahaya yang masuk ke dalam kabin sehingga tak terlalu silau.

"Kadang suka ada mobil di belakang yang gemar memainkan lampu jauh atau high beam. Bila posisinya berada tepat di belakang akan sangat silau sekali ketika terkena pantulan cahayanya dari sinar yang terbias dari kaca spion tengah itu," kata Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka beberapa waktu lalu.

Menurut Suparna, dengan cahaya lampu jauh dari mobil belakang yang sudah dibiaskan, maka intensitas sinar yang masuk ke kabin akan direduksi sehingga membuat visual pengendara tak lagi terganggu.

Seperti diketahui, banyak pengendara di malam hari yang menggunakan lampu jauh tanpa menyadari efek buruk bagi pengguna mobil di depannya.

Karena bila sampai terlalu silau, akan sangat berbahaya lantaran membuat visibilitas menjadi kacau dan mengganggu konsentrasi.

Baca juga: Teken MoU, BYD Jajaki Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Tuas kecil pada kaca spion kabin atau tengah mobils515i.com Tuas kecil pada kaca spion kabin atau tengah mobil

"Karena sudah dibiaskan, jadi sinar lampu yang masuk ke kabin tidak silau, cahaya yang diterima mata juga lebih rendah, dan pengendara tetap bisa melihat visibilitas belakang seperti biasa," ucap Suparna.

Suparna mengatakan, tuas kecil pada spion tengah mobil atau kabin memang tergolong konvensional. Untuk mobil modern umumnya kaca spion tengah sudah mengusung fitur auto dimming.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com