Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Terakhir INAPA 2023, Banyak Kendaraan Listrik Dijual Murah

Kompas.com - 26/05/2023, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para eksibitor di Indonesia International Trade Show for Automotive Industry (INAPA) memasarkan produknya dengan harga miring di hari terakhir pameran, yakni Jumat (26/5/2023).

Banyak produk kendaraan listrik yang dijual dengan harga murah. Diskon tersebut dilakukan untuk memangkas biaya logistik usai pameran.

Eric Huang, Sales Manager ZhiWalk Technology mengatakan, tujuan utama datang ke INAPA 2023 adalah mencari rekanan bisnis sekaligus memamerkan teknologi motor listrik niaga dari perusahaannya.

Target itu sudah terpenuhi, sehingga memutuskan untuk menjual seluruh unit display dengan harga murah.

Baca juga: Produsen Motor Listrik Asal China Ini Mau Masuk ke Indonesia

Motor Listrik Niaga ZhiWalk ZT2 dari China, harganya cuma 8 jutaKOMPAS.com/daafa Motor Listrik Niaga ZhiWalk ZT2 dari China, harganya cuma 8 juta

“Kami sudah datangkan motor listrik kami dari China ke Indonesia, jadi untuk apa dibawa pulang? Lebih baik kami jual saja,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (26/5/2023).

Huang menjelaskan, biaya operasional yang harus dikeluarkan untuk membawa kembali motor-motor listrik ke China cukup besar.

ZhiWalk Technology menjual motor listrik niaga roda tiga seharga Rp 8,1 juta. Padahal, kendaraan serupa yang dipasarkan di Indonesia dipatok setidaknya Rp 20 juta ke atas.

“Intinya adalah unit display harus habis dan kami pulang (ke China) tanpa repot membawa kargo,” ucap dia.

Baca juga: Motor Listrik Niaga di INAPA 2023 Dijual Rp 8 Jutaan

WJet H400-M, Motor listrik sport asal China yang mirip Kawasaki Ninja H2RKOMPAS.com/daafa WJet H400-M, Motor listrik sport asal China yang mirip Kawasaki Ninja H2R

Hal serupa juga disampaikan Jason Lee, Technical manager Wuxi Jose Electric Technology (WJet) yang juga berasal dari China.

Menurutnya, tugas utama selama pameran adalah memperluas jaringan bisnis dengan pelaku industri lokal.

“Supervisor kami meminta semua unit (motor listrik) dijual dengan harga murah. Semuanya sudah laku,” ucap dia.

Saat INAPA, WJet membawa tiga unit motor listrik sport yang tampilannya sangat mirip dengan Kawasaki Ninja H2R. Normalnya unit itu dijual sekitar Rp 60 juta, tapi di hari akhir pameran harganya dipangkas menjadi Rp 28 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com