Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Bus Skala Internasional Siap Digelar 15 Mei 2024

Kompas.com - 25/05/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Global Expo Management (GEM) berencana mengadakan acara Busworld Southeast Asia, pameran bus dunia pada 15-17 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sesuai namanya, pameran berskala internasional yang diadakan tiap dua tahun sekali ini akan melibatkan 30 negara di seluruh dunia yang membawa produk busnya masing-masing.

Baki Lee, Baki Lee, Direktur PT GEM menjelaskan, pelaksanaan busworld tidak hanya ditujukan untuk mewadahai kegiatan business to business (B2B0, tapi juga untuk mendukung program pemerintah.

“Sektor bus di Indonesia diperkirakan mengingkat signifikan pada tahun 2024. Hal ini tidak terlepas dari kesuksesan pemerintah dengan meluncurkan BTS (Buy the Service) sehingga angkutan perkotaan memenuhi aspek keamanan, kenyamanan, keselamatan, keterjangkauan serta kesehatan,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Kemenhub Targetkan Seluruh Angkutan Umum Berbasis Listrik pada 2045

Lewat unit operasionalnya, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), APRIL menambah empat bus listrik bertipe MD 12E Normal Floor (NF).APRIL Lewat unit operasionalnya, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), APRIL menambah empat bus listrik bertipe MD 12E Normal Floor (NF).

Kendati banyak negara diprediksi akan mengikuti pameran, Baki menjamin jika titik-titik lokasi utama akan diperuntukkan bang perusahaan otobus (PO) dan karoseri lokal.

“Utamanya, kami akan fokus dengan perusahaan bus lokal, barulah yang mancanegara,” ucap dia.

Dia menambahkan, pameran ini juga menerima dukungan penuh dari kementerian perhubungan (kemenhub) yang menilai sektor transportasi umum dan lapangan kerja nasional akan meningjkat.

Suharto, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub menjelaskan, aakan ada program pembelian bus oleh Kementerian Perhubungan dengan jumlah ribuan unit pada tahun 2024.

“Tujuannya untuk mendukung transportasi umum dan nantinya akan disebar di beberapa pemerintah kota dan daerah,” ujarnya,” kata Suharto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com