Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Motor Listrik China Mirip Ninja H2R di INAPA 2023, Full Serat Karbon

Kompas.com - 25/05/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang International Trade Show for Automotive Industry (INAPA 2023) yang diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, menghadirkan banyak pelaku industri otomotif dari seluruh dunia.

Berdasarkan keterangan dari PT Global Expo Management (GEM) selaku promotor, INAPA tahun ini diikuti oleh lebih dari 1000 peserta dari 21 negara dengan target dikunjungi lebih dari 35,000 pebisnis dari 40 negara.

Sudah sewajarnya, banyak sekali produk-produk otomotif unik dan tidak umum yang bisa dijumpai di sini. Salah satunya motor listrik sport dengan panel sepenuhnya dari serat karbon dan sangat mirip dengan Kawasaki Ninja H2R.

Motor listrik itu bernama H400-M diciptakan oleh Wuxi Jose Electric Technology (WJet), perusahaan kendaraan listrik roda dua asal China.

Baca juga: BMW Concept Touring Coupe, Titisan Z3 Coupe

Kawasaki Ninja H2KAWASAKI MOTOR INDONESIA Kawasaki Ninja H2

Jason Lee, Technical Manager WJet menjelaskan, motor listrik sport itu memang terinspirasi dari Kawasaki H2R, terbukti dari desainnya agresif dan banyak komponen winglet alias sayap di sekujur body.

“Bagian depan kami mengambil inspirasi dari Ninja (H2R) dan bagian belakangnya dari R25 (Yamaha),” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Sambil berkelakar, Jason bercerita jika banyak orang yang mengira motornya adalah H2R versi konversi. Hal itu dia anggap sebagai pujian.

Namun Jason tidak puas jika dirinya hanya ‘mengambil ide’ desain dari H2R. Dia juga memberikan performa gahar pada motornya dengan menanamkan baterai berkapasitas 72 volt 120 ampere hour (Ah) sebagai pacu daya.

Baca juga: Biaya dan Keunggulan Upgrade Injektor Toyota Innova Diesel Lawas

WJet H400-M, Motor listrik sport asal China yang mirip Kawasaki Ninja H2RKOMPAS.com/daafa WJet H400-M, Motor listrik sport asal China yang mirip Kawasaki Ninja H2R

Baterai tersebut dikawinkan dengan model penggerak mid-drive yang mampu memberikan jarak tempuh sejauh 250 kilometer dan kecepatan maksimal sebesar 130 kpj.

Selama di INAPA 2023, Jason mencari rekanan bisnis yang tertarik meminang produknya. Dia menjelaskan, unit-unit yang tersedia di Booth WJet adalah barang jadi dan bukan prototipe.

Menyoal harga, dia mengaku jika nominalnya tentatif dan tergantung pesanan. Tapi jika diambil angka tertinggi, dia mematok motor WJet H400-M senilai 3.800 dolar AS atau setara Rp 56,9 Juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com