Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ini Penyebab Kebakaran Mobil Listrik yang Susah Dipadamkan | Intip Fasilitas Bus Mewah PO Sempati Star, Mirip Kabin Pesawat

Kompas.com - 25/05/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia umum jika kebakaran sulit dipadamkan merupakan satu kendala utama yang ditemui pada kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB). Selain itu, suhu api juga sangat panas.

Randall Hart, Direktur PT Hartindo Chemitama Industri sekaligus pakar baterai EV, memaparkan beberapa alasan yang menyebabkan kebakaran KLBB seperti mobil listrik sangat sulit dipadamkan.

Selain itu, perusahaan otobus (PO) Sempati Star menjadi nama yang sudah tidak asing lagi bagi para penggemar bus.

Apalagi PO yang bermain di lintas Sumatera tersebut terkenal dengan unit bus double decker atau bus tingkat yang punya fasilitas mewah.

Salah satu bus dari PO Sempati Star yang menyita perhatian sejak kemunculannya yakni bus tingkat mewah berwarna hitam dengan interior seperti kabin pesawat.

Sebagai informasi, layanan bus tingkat yang menyerupai kabin pesawat tersebut telah diluncurkan PO Sempati Star sejak akhir 2021, sehingga bukanlah layanan baru.

Baca juga: Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Mau Naik, Simak Rinciannya

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 24 Mei 2023 :

1. Ini Penyebab Kebakaran Mobil Listrik yang Susah Dipadamkan

Tesla Model S terbakar di Jalan Tol California, Amerika Serikattwitter.com/@metrofirepio Tesla Model S terbakar di Jalan Tol California, Amerika Serikat

Penyebab utama adalah reaksi dasar yang memicu kebakaran. Baterai mobil listrik yang memiliki kandungan logam, seperti nikel, kobalt, dan zinc, serta cairan asam cair, akan memberikan energi yang berbeda pada api.

Jika dibandingkan dengan kebakaran mobil biasa, sumber utamanya adalah BBM yang merupakan senyawa karbon. Sedangkan kebakaran mobil listrik, sumber utamanya adalah senyawa elektrolit.

Baca juga: Ini Penyebab Kebakaran Mobil Listrik yang Susah Dipadamkan

2. Intip Fasilitas Bus Mewah PO Sempati Star, Mirip Kabin Pesawat

Bus tingkat PO Sempati StarInstagram @adiputro_official Bus tingkat PO Sempati Star

Bus yang melayani trayek Medan – Pekanbaru tersebut menggunakan sasis Scania K410. Sementara itu, secara visual bus tampil elegan menggunakan balutan bodi Jetbus 3+ dari Karoseri Adiputro.

Kabin bus dirancang dengan desain yang mengadopsi kabin pesawat, terutama penggunaan material dan desain setiap kursi penumpang, fasilitas, dan fitur-fitur canggih yang disematkan.

Baca juga: Intip Fasilitas Bus Mewah PO Sempati Star, Mirip Kabin Pesawat

3. Awas Modus Taksi Liar Terminal 3 Soekarno-Hatta, Main Getok Harga

Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Kamis (23/12/2021).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Kamis (23/12/2021).

Modus taksi liar ternyata masih bisa ditemui di Bandara Soekarno-Hatta. Kali ini pengalaman dibagikan pemilik akun TikTok @feli.zulhendri, di mana dia diminta harga yang tidak semestinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com