Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pindad Maung 4x4 Seken Dijual | Hitung Konsumsi BBM Wuling Alvez

Kompas.com - 24/05/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad sudah meluncurkan Maung 4x4. Tidak hanya untuk kendaraan operasional satuan TNI, tapi ada diperuntukkan juga bagi sipil.

Belum lama ini, ada unggahan di media sosial yang mengiklankan satu unit Maung 4x4 seken alias bekas pakai. Iklan tersebut diunggah oleh akun Instagram @jualmobil4x4.

Pada keterangan dari unggahan tersebut, dituliskan juga spesifikasi dari Maung 4x4. Mesinnya menggunakan basis dari Toyota Hilux 2.4 L turbo diesel.

Selain itu, setelah meluncur pada Februari 2023, akhirnya redaksi bisa merasakan pengalaman berkendara jarak jauh bersama Wuling Alvez.

Sebagai pemain di kelas SUV B Segment, Alvez tampaknya bisa jadi pesaing serius Honda HR-V ataupun Hyundai Creta. Sebab SUV ringkas ini menawarkan beberapa keunggulan. Pertama dari sisi harga, Alvez ditawarkan lebih terjangkau mulai Rp 209 juta (tipe SE) sampai Rp 295 juta (tipe EX).

Baca juga: 80 Persen Masyarakat Menolak Subsidi Mobil Listrik

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 23 Mei 2023

1.Pindad Maung 4x4 Seken Dijual, Harga Rp 900 Jutaan

Pindad Maung 4x4 dijual dengan banderol Rp 900 jutaanDok. @jualmobil4x4 Pindad Maung 4x4 dijual dengan banderol Rp 900 jutaan

Maung 4x4 yang dijual merupakan versi hardtop. Selain itu, pintunya dibuat kedap dan digarap oleh perusahaan karoseri Adiputro. Untuk suspensinya, Maung 4x4 dibekali dengan sokbreker keluaran Profender dengan model Monotube.

Sementara bannya, sudah mengandalkan Kanati Mud Hog M/T 35 inci. Disebutkan bahwa mobil ini berada di Jawa Timur. Sesuai dengan markas Pindad yang berada di Malang.

Baca juga: Pindad Maung 4x4 Seken Dijual, Harga Rp 900 Jutaan

2.Hitung Konsumsi BBM Wuling Alvez, Tembus 19 Km Per Liter

Wuling Alvez media test drive di Malang-Solo, (23/5/2023).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Wuling Alvez media test drive di Malang-Solo, (23/5/2023).

Sementara HR-V dari Rp 375,9 juta (tipe S CVT) hingga Rp 529,9 juta (tipe Turbo S). Adapun Creta dari Rp 291,3 juta (tipe Active MT) sampai Rp 408,3 juta (tipe Prime IVT).

Kemudian dari sisi dapur pacu, Alvez mengusung mesin 1.500 cc DVVT, DOHC, yang menghasilkan 105 Tk pada 5.800 rpm dan torsi 143 Nm pada 4.000-4.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT.

Baca juga: Hitung Konsumsi BBM Wuling Alvez, Tembus 19 Km Per Liter

3. Kapan Termostat Radiator Mobil Harus Diganti?

Thermostat Original Toyota Kompas.com Thermostat Original Toyota

Termostat di sistem pendingin mesin merupakan komponen yang memiliki fungsi penting dalam menjaga suhu dapur pacu agar tetap stabil. Kendati fungsinya penting, banyak masyarakat yang melepas termostat karena dianggap bisa merusak mesin bila mengalami kendala.

Artinya, selama komponen ini sehat maka yang didapatkan adalah manfaatnya. Melepas termostat secara permanen merupakan langkah yang kurang bijak lantaran hanya karena memiliki dampak serius bila rusak, komponen ini dianggap menyusahkan. Padahal, bila dijaga dengan baik, bisa mengoptimalkan kesehatan mesin.

Baca juga: Kapan Termostat Radiator Mobil Harus Diganti?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com