Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang Muatan Kayu Terbang di Jalan Tol, Mobil Lain Jadi Korban

Kompas.com - 23/05/2023, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini terjadi insiden di Tol Cipularang, di mana satu unit mobil terkena kayu yang terbang dan terjatuh dari mobil pikap.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Senin (22/5/2023), terlihat kayu yang terjatuh dari pikap yang bermuatan. Kayu tersebut mengenai pilar A dan kaca spion mobil yang berada di belakangnya.

Kejadian tersebut tentu sangat berbahaya dan bisa fatal akibatnya jika pengguna jalan tidak waspada.

Baca juga: Komentar Kemenhub Soal Mobil Listrik Nasional

Bagi pemilik kendaraan, jika bertemu dengan mobil bermuatan ada antisipasi yang bisa dilakukan. Pertama jaga jarak dengan kendaraan bermuatan.

“Jangan merasa aman-aman saja, sekalipun muatan sudah ditutup, karena semua kemungkinan terhadap risiko buruk bisa terjadi,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Kemudian, sebisa mungkin tempatkan posisi di balik kendaraan lain atau jarak satu mobil, untuk menghindari pentalan atau tumpahan material.

Menurut Sony, hal tersebut bisa dihindari dengan kebiasaan mata bergerak melihat titik-titik sekitar kendaraan.

“Pertama, kaca spion untuk memastikan di sisi kiri atau kanan ada ruang yang aman untuk menghindar. Kedua, objek-objek yang berpotensi bahaya atau muatan terbang,” kata Sony.

Baca juga: Penyerapan Subsidi Motor Listrik Masih Sedikit, Ini Kata Moeldoko

Selanjutnya, perhatikan kecepatan kendaraan sekitar. Setelahnya, usahakan objek yang terbang dibenturkan ke bodi dengan cara manuver ke kanan, kiri atau melakukan pengereman.

“Semua adalah tindakan antisipasi. Tidak ada yang benar-benar aman di kondisi tersebut. Tapi paling tidak reaksinya terukur dan mampu meminimalisasi risiko bahaya,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com