Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Biaya Kepemilikan Toyota Agya sampai 100.000 Km

Kompas.com - 22/05/2023, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Agya generasi terbaru meluncur pada awal tahun lalu. Kehadiran mobil murah dari Toyota ini langsung mendapat sambutan positif dari konsumen di Indonesia.

Pasalnya, Agya tak hanya dibekali dengan desain eksterior yang lebih modern, tetapi juga teknologi dan fitur keselamatan terbaru untuk menunjang pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Selain itu, mobil yang berada di segmen Low Cost Green Car (LCGC) ini juga memiliki kehematan bahan bakar yang cukup mumpuni.

Bagi Anda yang berminat meminang Toyota Agya, penting juga untuk mengetahui biaya rutin yang harus dikeluarkan untuk biaya kepemilikan.

Baca juga: Daftar Mobil Listrik yang Sudah Dijual di Indonesia

Paling standar, perhitungan biaya mulai dari bensin, servis, sampai harga suku cadang perlu dipertimbangkan matang-matang. Tak terkecuali lokasi bengkel sampai ketersediaan suku cadang yang mudah di akses.

Maka dari itu, tim redaksi sudah menyiapkan biaya konsumsi bahan bakar, biaya pajak per tahun hingga besaran servis Toyota Agya tipe G CVT dengan patokan penggunaan 100.000 Km atau 5 tahun pemakaian.

Interior Toyota AgyaKompas.com Interior Toyota Agya

Pertama soal pajak tahunan atau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Berdasarkan data diterima tim redaksi, Toyota Agya punya PKB sekitar Rp 3,2 juta per tahun, jadi Rp 16 juta sampai lima tahun.

Selanjutnya berdasarkan catatan tes redaksi Kompas, Toyota Agya mampu mencatat konsumsi bahan bakar 12,6 kilometer per liter (kpl) untuk rute dalam kota.

Bila dihitung mencapai 5 tahun atau 100.000 Km, Toyota Agya membutuhkan bensin sebanyak 7,936 liter.

Kemudian bila dikali dengan harga Pertalite (Rp 10.000) biaya BBM selama lima tahun sekitar Rp 79.360.000

Servis berkala

Sedangkan biaya servis berkala sampai 100.000 Km untuk Toyota Agya, total biaya mencapai Rp 10.041.092.

Berdasarkan data yang tim redaksi terima dari Toyota, untuk rincian perawatan pertama atau 1.000 Km, Toyota memberikan gratis biaya servis dan jasa. Sehingga total biaya yang dikeluarkan oleh pemilik kendaraan adalah Rp 0 alias gratis.

Kemudian untuk perawatan kedua sampai keenam atau tahun ketiga, Toyota menggratiskan biaya jasa dan servis. Namun, pemilik kendaraan tetap harus mengeluarkan biaya untuk membayar untuk suku cadang.

All New Toyota Agya Kompas.com/Adityo All New Toyota Agya

Pada servis kedua, konsumen akan dikenakan biaya Rp 561.000, kemudian servis ketiga Rp 632.000.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com