Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Bus di Indonesia Tembus 258.839 Unit, di Jawa Terbanyak

Kompas.com - 12/05/2023, 17:03 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus masih menjadi salah satu moda transportasi di yang digunakan oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Bahkan, jumlah perusahaan otobus (PO) yang bermain di bisnis makin tumbuh dan bersaing ketat untuk menarik minat pelanggan.

Tidak hanya itu, untuk memperkuat bisnis, para PO kerap menambah unit bus untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Secara jumlah, dari seluruh Indonesia total kepemilikan bus tercatat 258.839 unit. Total bus tersebut tercantum pada data kendaraan per pulau yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Jangan Cuek, Karet-karet pada Mobil Juga Harus Dirawat

Jika dibandingkan dengan jumlah bus pada Sabtu (14/3/2023) yang hanya berjumlah 257.435 unit, artinya ada peningkatan sekitar 0,5 persen. 

Adapun torehan tersebut berdasarkan hasil akumulasi kepemilikan bus dari kedelapan pulau di Indonesia yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku dan Maluku Utara.

Sejumlah bus menunggu penumpang di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi Sejumlah bus menunggu penumpang di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dari data tersebut, Pulau Jawa masih menjadi pulau paling banyak menyumbang jumlah bus yaitu 143.564 unit.

Secara rinci, Jawa Timur menjadi wilayah yang menymbang populasi bus terbesar di pulau Jawa yakni 41.245 unit. Kemudian Jakarta menempati urutan kedua yang menyumbang jumlah bus terbanyak untuk Pulau Jawa yakni 35.777 unit.

Baca juga: Kata Pengamat Soal Uji Materi Masa Berlaku SIM Seumur Hidup

Kemudian Sumatera menjadi pulau dengan jumlah bus terbanyak kedua yakni 69.105 unit.
Pulau Bali menjadi wilayah ketiga dengan bus terbanyak yaitu 15.096 unit. Kalimantan menjadi wilayah terbanyak keempat dengan populasi bus yakni 13.753 unit.

Sementara itu, Pulau Maluku dan Maluku Utara menjadi wilayah paling sedikit jumlah bus yaitu 645 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com