Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Motor Matik Lebih Kuat Terobos Banjir?

Kompas.com - 10/05/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar anggapan di masyarakat soal kekuatan motor matik saat menerjang banjir. Banyak yang mengatakan, skutik kuat dan aman digunakan kala banjir.

Hal itu lantaran kealpaan komponen-komponen kompleks seperti rantai dan kopling yang tidak lagi dijumpai pada motor matik. Namun apakah motor jenis ini betul-betul kuat menembus banjir di jalanan?

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menjelaskan, motor matik memang memiliki beberapa keunggulan, tapi tidak ada istilahnya motor yang kebal banjir.

Dia menekankan, poin utama yang harus diperhatikan adalah hanya karena motor mampu digunakan menembus banjir tidak menjadikan motor tersebut kuat terhadap banjir

Baca juga: Truk ODOL Ngebut Sampai Oleng, Bikin Takut Pengguna Jalan

Bagian dalam CVT skutik yang kotor dan berdebuKOMPAS.com/daafa Bagian dalam CVT skutik yang kotor dan berdebu

“Enggak ada istilahnya motor yang kebal banjir, bahkan motor matik sekalipun. Mungkin benar bisa menerobos, tapi ujung-ujungnya bisa rusak juga, bahaya,” ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Menurut Anto, banjir bisa sangat mempengaruhi komponen CVT pada motor matik. Jika pengendara nekat menembus banjir, komponen ini bisa rusak tiba-tiba.

“Air bisa masuk ke ruang CVT dan bisa membuat slip. Kalau sudah seperti ini, motor langsung ngadat dan bisa kemasukan air lebih banyak,” ucap dia.

Sebagai langkah preventif untuk menghindari kerusakan, Anto menyarankan pengendara untuk menghindari banjir dan mencari rute alternatif jika memungkinkan.

Baca juga: Mobil Listrik Omoda 5 Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi banjir rob di Jalan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur,  Kamis (19/5/2022). Pasang air laut yang tinggi menyebabkan jalan tersebut tergenang banjir rob dan mengakibatkan kemacetan panjang.ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi banjir rob di Jalan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/5/2022). Pasang air laut yang tinggi menyebabkan jalan tersebut tergenang banjir rob dan mengakibatkan kemacetan panjang.

Namun jika pengendara terpaksa melintasi banjir, langkah terbaik yang sebaiknya segera dilakukan adalah membawa motor ke bengkel untuk melakukan servis.

“Utamanya harus ganti oli gardan, ini wajib. Kemudian diperiksa semua komponen dan dibersihkan. Jika tidak terlalu serius, seharusnya kerusakan fatal bisa dihindari,” kata Anto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com