Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Mercedes-Benz S600 Guard Jokowi Off Road di Jalan Rusak di Lampung

Kompas.com - 05/05/2023, 14:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sedang melakukan kunjungan ke daerah Lampung, tepatnya di Terusan Ryacudu, Jumat (5/5/2023), dan memakai mobil kepresidenan.

Jokowi memang kerap ganti-ganti kendaraan saat mendatangi daerah tertentu. Namun, untuk kunjungan kali ini, Presiden RI menaiki Mercedes-Benz S600 Guard, sedan tangguh super-aman untuk melintasi jalanan yang jelek.

Fotografer resmi Presiden Agus Suparto membagikan berbagai foto aksi S600 Guard dalam melewati jalanan yang cukup rusak di daerah tersebut. Bahkan, mobil itu harus berjalan pelan saat melewati perbedaan jalan yang tinggi.

Baca juga: Ambulans Punya Hak Istimewa, Bisa Salip Mobil Presiden

Momen saat mobil yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi salah satu ruas jalan rusak di Provinsi Lampung pada Jumat (5/5/2023).dok. Agus Suparto Momen saat mobil yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi salah satu ruas jalan rusak di Provinsi Lampung pada Jumat (5/5/2023).

Selain itu, tampak rombongan pengaman yang berada di depan dan belakang mobil Presiden Jokowi. Mereka saja menggunakan motor trail dan Toyota Innova dan Fortuner yang punya ground clearance lebih tinggi.

Namun, terlihat dari video yang redaksi dapatkan, tampak S600 Guard yang dinaiki presiden ditinggikan suspensinya. Sepertinya memang disematkan sistem suspensi udara dengan setelan ketinggian yang bisa diatur.

Soal spesifikasi, S600 Guard seri W221 lansiran antara 2005-2010 memakai mesin V12 biturbo yang menghasilkan 517 TK. Walau punya tingkat keamanan B6/B7, mobil sedan ini diklaim tetap fun to drive, sama seperti S Class standar.

Baca juga: Mobil Tetangga Parkir Sembarangan, Dijadikan Jemuran Burung


Untuk keamanan, tingkat B6 dan B7 bisa dibilang sudah paling tinggi. Mobil ini tahan peluru, granat tangan, dan bahan peledak lain. Ban sudah run-flat, dan tangki BBM self-sealing ketika bocor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com