Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Safari Dharma Raya Rombak Bus Becak Balap Pakai Headlamp Truk

Kompas.com - 05/05/2023, 14:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Safari Dharma Raya baru saja merilis bus satu unit bus baru rakitan Karoseri Morodadi Prima.

Namun, bus ini tidak sepenuhnya baru lantaran bus tersebut merupakan unit lama dari PO Safari Dharma Raya yang pernah populer dengan sebutan Becak Balap.

Adapun pada perilisannya, bus diperbaharui pada bagian kelir, livery dan beberapa detail agar lebih segar dan modern.

Secara spesifikasi, bus milik PO yang berbasis di Temanggung, Jawa Tengah tersebut menggunakan basic bodi Grand Tourismo SG Panoramic yang pernah dirilis oleh Karoseri Morodadi Prima pada kisaran 2013. Kemudian bus juga masih ditopang oleh dapur pacu dari Mercedes-Benz O500R.

Baca juga: Kymco Dink Terbaru, Punya Desain Agresif dan Terdiri Dua Pilihan Mesin

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Karoseri Morodadi Prima (@morodadiprima.karoseri)


Artinya baik bodi dan juga sasis masih original dari generasi sebelumnya dengan visual yang mirip dengan bus klasik di Eropa.

Keistimewaan bus ini ialah bagian atap area tengah bus punya kaca panoramic yang membuat penumpang bisa melihat pemandangan luar lebih luas.

Bagian fasia depan paling banyak melakukan ubahan, misalnya lampu utama yang pakai headlamp model lampu truk UD Quester.

Baca juga: Ini 3 Trik Mengemudi Agar Mobil Irit BBM

Lalu livery bus juga melakukan ubahan dengan menggunakan desain baru dari PO Safari Dharma Raya yakni kelir dasar putih. Kemudian tidak ketinggalan pada bodi samping terdapat gambar sekelompok gajah yang menjadi ciri khas PO tersebut.

Agar lebih atraktif, terdapat pula aksen pecahan diamond yang menghiasi bodi samping hingga belakang bus.

Ubahan lainnya yakni ada pada kaca spion yang sudah menggunakan menggunakan model elektrik. Lalu pada kaca samping bus tampil lebih bersih lantaran tidak ada detail selendang seperti sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com