Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlibat Insiden, tapi Bezzecchi Dukung Quartararo soal Penalti

Kompas.com - 03/05/2023, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo mengalami insiden saat MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez. Selain Miguel Oliveira, insiden tersebut turut melibatkan Marco Bezzecchi.

Bezzecchi berada di posisi paling dalam tikungan saat insiden tersebut terjadi. Sementara Quartararo, posisinya berada di tengah dan dijepit oleh Miguel Oliveira.

Tidak ada ruang bagi Quartararo untuk mengelak. Dia tersenggol oleh Oliveira, mengenai Bezzecchi. Tapi, senggolan tersebut menyebabkan Quartararo terjatuh dan turut menyapu Oliveira ke luar trek.

Baca juga: Posisi Terjepit, Quartararo Bingung Kena Hukuman Long Lap Penalty

Insiden tersebut membuat bendera merah berkibar. Balapan jadi diulang kembali dengan Quartararo dikenakan sanksi penalti berupa lap panjang atau Long Lap Penalty.

Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Austin, Jumat (14/4/2023). Fabio Quartararo crash saat Sprint Race MotoGP Amerika 2023 dan terlempar dari 10 besar klasemen MotoGP 2023. (Foto oleh Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP/Getty Images via AFP Fabio Quartararo saat menjalani latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Texas, Austin, Jumat (14/4/2023). Fabio Quartararo crash saat Sprint Race MotoGP Amerika 2023 dan terlempar dari 10 besar klasemen MotoGP 2023. (Foto oleh Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Menurut Bezzecchi, apa yang terjadi benar-benar sepenuhnya insiden balap. Sebab, tidak ada ruang bagi Quartararo untuk mengelak.

"Dari sisi saya, saya merasa ada seseorang yang mengenai saya. Tidak berlebihan, tapi saya merasakannya. Alasannya? Saya tidak tahu," ujar Bezzecchi, dikutip dari Crash.net, Rabu (3/5/2023).

Bezzecchi mengatakan, semua pebalap berjuang untuk tujuan yang sama. Semua pebalap ingin menang. Jadi, semua bersaing untuk mendapatkan hal tersebut.

Baca juga: Hukuman Fabio Quartararo di GP Spanyol Dianggap Berlebihan

"Empat tikungan pertama sangatlah penting. Empat tikungan pertama adalah kunci balapan ini. Sebagai contoh, ketika start yang kedua, saya sedikit lebih berhati-hati. Tapi, saya benar-benar merusak balapan," kata Bezzecchi.

Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023Dok. @marcobez72 Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Amerika 2023

Menurutnya, normal jika ada yang terjatuh seperti apa yang terjadi pada Quartararo dan Oliveira. Bezzecchi juga tidak sependapat jika manuver yang dilakukan oleh Quartararo dibilang terlalu agresif.

"Terlalu agresif? Bagi saya, itu adalah situasi yang sulit untuk dihindari. Satu-satunya hal yang bisa dia lakukan adalah mengerem sedikit lebih awal. Sebab, dia berada di tengah, antara saya dan Miguel," ujarnya.

"Mungkin mengerem sedikit lebih awal. Tapi, itu sulit, tidak ada ruang yang cukup. Ini adalah kesalahan yang bisa terjadi. Saya tidak ingin mengatakan sesuatu yang buruk tentang Fabio," kata Bezzecchi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com