Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Sebut Rekayasa Lalin Selama Mudik Lebaran 2023 Sesuai Rencana

Kompas.com - 02/05/2023, 16:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bila seluruh rekayasa lalu lintas yang dilakukan selama periode mudik dan balik Lebaran di tahun ini, berjalan sesuai rencana.

Hal tersebut tak lepas dari kerja sama antarpihak sehingga membuat mobilitas secara keseluruhan aman dan nyaman. Dalam artian, tidak ada kepadatan di jalan yang sangat parah hingga menghambat aktivitas.

"Berkat kolaborasi berbagai pihak, semua bisa terlaksana dengan baik," kata Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers, Senin (1/5/2023).

Baca juga: H+7 Lebaran, Kendaraan Kembali ke Jabotabek Sudah 89 Persen

One way arus balik diperpanjang sampai 1 Mei 2023 pukul 23.00 WIBJASA MARGA One way arus balik diperpanjang sampai 1 Mei 2023 pukul 23.00 WIB

Sedikitnya ada tiga skema yang telah dijalankan, yaitu one way, contraflow dan ganjil genap. Kemenhub bekerja sama dengan Polri, Jasa Raharja, dan Jasa Marga untuk mengatur arus lalu lintas saat masa libur Lebaran 2023.

Tiga skema rekayasa lalu lintas itu sudah diterapkan sebelum Lebaran hingga periode terakhir arus balik, Senin kemarin. Rekayasa ini, terbukti efektif dapat mengurai kepadatan di sejumlah episentrum kemacetan.

Sebagai bukti , kata Budi, dengan diterapkan sistem one way dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menuju Kalikangkung atau sebaliknya, rata-rata tingkat kecepatan kendaraan pemudik mencapai 70 kpj.

Adapun waktu tempuh rata-rata dari Semarang hingga Cawang pada periode arus balik menjadi hanya 5 jam 49 menit (tanpa berhenti), lebih cepat 118 persen dibanding rata-rata arus balik 2022 yang mencapai 7 jam 7 menit.

Baca juga: SIM Mati saat Lebaran, Masih Bisa Diperpanjang Hari Ini dan Besok

Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (21/4/2023) petangKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (21/4/2023) petang

Sementara itu, data PT Jasa Raharja mencatat angka kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan signifikan.

Pada 2023 ini dari h-7 sampai h+7 Lebaran, jumlah korban kecelakaan total turun 25 persen, dari 8.949 orang di tahun 2022 menjadi 6.686 orang di tahun ini. Korban kecelakaan yang meninggal dunia pun turun 40 persen, dari 1.253 orang menjadi 755 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com