Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Terjepit, Quartararo Bingung Kena Hukuman Long Lap Penalty

Kompas.com - 01/05/2023, 13:23 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JEREZ, KOMPAS.com - Fabio Quartararo mendapat hukuman long lap penalty karena insiden dengan Miguel Oliveira dan Marco Bezzecchi di awal start MotoGP Jerez 2023 yang membuat bendera merah berkibar.

Kemudian di luar dugaan, pebalap asal Perancis tersebut kembali menerima hukuman yang sama karena menyentuh track limit, saat sedang masuk kembali ke trek dengan alasan 'balapan tidak bertanggung jawab'.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Switch AC Masih On Dapat Sebabkan Aki Tekor?

Quartararo menjelaskan, kejadian saat dia jatuh dan kemudian menyeret dua pebalap lain, di mana menurutnya posisinya terjepit.

Rider asal Perancis ini pun bingung mengapa karena posisi itu dirinya sampai mendapat hukuman.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo@mj_photogp Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo

“Saya sedikit (memar). Tapi tidak ada yang rusak. Jadi saya beruntung,” kata Quartararo dilansir dari Crash.net, Senin (1/5/2023).

“Bezzecchi ada di depan. Saya berada di tengah. Saya tidak dapat menghindari kecelakaan ini karena saya hanya mencoba mengerem dan berhenti, tetapi saya menabrak. Kemudian motor Miguel kena saya dan saya menabrak motor Bezzecchi," kata Quartararo.

Quartararo mengatakan, dia tidak berusaha untuk menyalip siapapun di kondisi tersebut. Tapi posisinya terjepit dan kemudian jatuh, yang mana kemudian menyeret pebalap lain.

“Saya tidak mencoba untuk menyalip, saya hanya mencoba untuk tetap berada di roda dua dan bertahan di tikungan," ujar Quartararo.

"Ya, terkejut," katanya tentang keputusan penalti tersebut.

Baca juga: Viral, Video Pengendara Motor Santai Melintas di Tol Jagorawi

Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, saat menjalani sesi latihan bebas kedua atau FP2 MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez, Jumat (28/4/2023). Marco Bezzecchi saat ini masih memimpin klasemen menjelang balapan MotoGP Spanyol. (Foto oleh PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU Pebalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, saat menjalani sesi latihan bebas kedua atau FP2 MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez, Jumat (28/4/2023). Marco Bezzecchi saat ini masih memimpin klasemen menjelang balapan MotoGP Spanyol. (Foto oleh PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

“Kami (Yamaha) tidak melihat alasan untuk memberi saya penalti karena saya hanya berusaha melakukan yang terbaik," ujar Quartararo.

Sial buat Quartararo, setelah menjalani long lap panalty yang membuatnya turun dari posisi ke-11 ke posisi ke-14. Quartararo harus mengulang lagi hukuman tersebut karena saat akan masuk trek menyentuh track limit.

“Saya bahkan tidak melihat bahwa saya keluar dari barisan. Aku hanya melihat ke belakang untuk melihat apakah ada motor yang datang. Tapi, saya harus mengulanginya lagi,” kata Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com