Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Semakin Encer Oli Mesin Semakin Berkualitas?

Kompas.com - 29/04/2023, 18:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kualitas oli mesin di pasaran memang beragam. Standarnya bisa dilihat dari API Service, dan bahan dasar oli yang umumnya ada tiga, sintetis, semi sintetis, atau mineral.

Oli mesin berkualitas yang beredar di pasaran umumnya memiliki viskositas yang rendah, karena oli encer kini menjadi tren untuk mobil-mobil modern.

Fenomena tersebut membuat masyarakat beranggapan bahwa semakin encer oli semakin berkualitas. Lantas, apakah benar anggapan tersebut?

Baca juga: Warna Oli Mesin Menghitam, Apakah Jadi Indikasi Sudah Jelek?

Logo API Service berbentuk donat disematkan pada oli mesin yang lulus uji dari pihak API Tangkapan Layar Logo API Service berbentuk donat disematkan pada oli mesin yang lulus uji dari pihak API

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan, oli encer memang umumnya memiliki standar API service yang tinggi, namun keencerannya tidak bisa jadi patokan standar kualitas.

“Oli yang memiliki standar API Service tinggi, bisa dikatakan memiliki kualitas yang terbaik, jika diamati oli-oli tersebut memang lebih encer dan terbuat dari bahan sintetis, tapi bisa saja produsen oli membuat oli kental dengan kualitas tinggi,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Sabtu (15/4/2023).

Brahma mengatakan, patokan kualitas oli mesin lebih pas bila mengacu pada API Service, karena semakin tinggi levelnya, maka lebih baik dalam menunjang performa mesin.

Baca juga: Pemudik Harus Menepi jika Indikator Lampu Tekanan Oli Mesin Menyala

Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasandok. Pertamina Oli mesin asli bisa diidentifikasi dari batch number di tutup kemasan atau leher kemasan

Menurut Brahma, anggapan semakin encer oli mesin makin berkualitas kurang tepat karena ada oli yang kental dengan kualitas yang tinggi.

“Jika bicara kualitas, maka hubungannya dengan API Service, maka dari itu penting memahami kode ini saat membeli oli,” ucap Brahma.

Jadi, menurut Brahma oli encer memang dibutuhkan untuk mobil-mobil modern karena permintaan pasar, maka dari itu API Service yang tinggi biasanya diramaikan oleh oli-oli yang encer. Tapi, oli kental berkuallitas bisa saja dibuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com