Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Masih Absen, Digantikan Iker Lecuona

Kompas.com - 27/04/2023, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez masih kembali absen pada MotoGP Spanyol 2023 yang digelar di Sirkuit Jerez. Sebagai gantinya, Iker Lecuona yang akan balapan.

Marquez menjalani operasi pada cederanya di MotoGP Portugal. Operasinya pun disebutkan berjalan lancar. Namun, Marquez belajar dari pengalaman untuk tidak memaksakan diri.

Baca juga: Beda Pendekatan Pedrosa dan Marquez, Terlihat Siapa yang Arogan

Sebelumnya, dia pernah memaksakan diri untuk kembali balapan ketika tangannya mengalami patah tulang. Dampaknya, dia malah harus absen hingga satu musim penuh.

Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketigatwitter.com/motogp Crash Marc Marquez dan Miguel Oliveria di tikungan ketiga

"Karena sifat patah tulang dan waktu yang telah berlalu, tim medis yang dipimpin oleh dr. Roger de Oña bersama dengan Marquez, telah memutuskan untuk melanjutkan pemulihannya," tulis keterangan resmi dari Repsol Honda Team, dikutip dari Crash.net, Kamis (27/4/2023).

Marquez mengatakan, dia kembali melakukan CT scan pada cederanya dan terlepas dari kenyataan bahwa cederanya berkembang dengan baik, penyembuhan tulangnya belum selesai. Sehingga, kembali balapan malah akan berisiko memperburuk penyembuhannya.

Baca juga: Legenda MotoGP Sarankan Marc Marquez Pindah dari Honda

"Bersama tim medis, kami memutuskan untuk tidak mengambil risiko apa pun, menunggu dua minggu lagi dan kembali ke Le Mans. Saya sangat menyesal melewatkan Grand Prix Spanyol karena selalu istimewa, karena atmosfernya, balapan di rumah dan yang terpenting, melihat dan menikmati para penggemar," kata Marquez.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menghampiri Miguel Oliveira seusai terlibat kecelakaan dalam balapan MotoGP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Akibatnya, Marc Marquez dan Miguel Oliveira absen di MotoGP Argentina 2023. Marc Marquez dipastikan kembali absen pada MotoGP Amerika yang akan digulirkan akhir pekan ini.

Marquez akan kembali balapan pada MotoGP Prancis 2023 di Sirkuit Le Mans. Saat ini, dia tertinggal 57 poin dari Marco Bezzecchi yang ada di puncak klasemen sementara MotoGP 2023. Selisih poin tersebut akan terus bertambah akhir pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com