Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Pasang Roof Box Bikin Karakter Mobil Berubah

Kompas.com - 23/04/2023, 16:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Roof box jadi aksesori yang umum digunakan pada mobil, apalagi saat momen pulang ke kampung halaman.

Dengan memakai roof box, tempat penyimpanan di mobil jadi lebih banyak untuk alternatif ketika ruan bagasi penuh.

Tapi yang harus diperhatikan, ketika memasang roof box karakter mobil tentu akan mengalami perubahan. Kadang masalah perubahan pada rasa berkendara ini tidak disadari, sehingga kerap lupa.

Baca juga: Risiko Jadikan Atap Mobil sebagai Bagasi Tambahan

Mobil pemudik dengan barang bawaan di atas tanpa menggunakan roof boxDok. Cakdan Mobil pemudik dengan barang bawaan di atas tanpa menggunakan roof box

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, dimensi mobil yang dipasangi roof box sudah pasti berubah, jadi lebih tinggi dari normal.

"Artinya aerodinamisnya mobil berubah juga. Paling simpel, mobil jadi diterpa angin lebih banyak, performa mobil bisa terpengaruh," ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (21/4/2023).

Apalagi saat mobil dibawa ke jalan tol atau jembatan di mana angin samping lebih kencang. Tentu jika tidak disadari, mobil bisa hilang kendali karena pengemudi kurang waspada dengan perubahan karakter mobilnya.

Baca juga: Toyota Fortuner Masuk Jalur Rel Kereta Api, Butuh 5 Jam Evakuasi

"Kedua, pasang roof box juga menambah beban dan posisinya di atas mobil, jadi titik keseimbangan kendaraan berubah. Pada saat manuver, mungkin mobil akan lebih susah untuk dikontrol," ucap Didi.

Jadi bagi para pengemudi yang mau memasang roof box, ingat ada dua hal yang pasti berubah, dimensi dan beban. Kedua hal ini bisa memengaruhi rasa berkendara, tidak semulus saat standar.

"Jadi lebih baik benar benar dipastikan kebutuhannya, lalu perhatikan hal lain seperti jalur dan rute yang dilewati," ucap Didi.

Misal, ketika masuk ke gerbang tol, tidak bisa lagi memilih yang khusus mobil kecil. Adanya roof box membuat mobil lebih tinggi, mungkin lebih dari 2,1 meter, jadi harus ikut dengan truk.

Begitu juga saat mau masuk parkiran mal, bisa saja basement area-nya terbatas. Jadi mobil dengan roof box cukup merepotkan juga karena dimensinya yang lebih tinggi dari standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com