Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Perlu Pasang Roof Box Saat Mobil Tempuh Perjalanan Jauh?

Kompas.com - 23/04/2023, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasang roof box memang jadi pilihan para pemudik zaman sekarang. Hal ini dilakukan karena barang yang dibawa kadang melebihi kapasitas bagasi yang tersedia di kabin.

Namun, menyimpan membawa barang dalam perjalanan jauh ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keamanan. Sebelum berpikir memakai roof box, lebih baik maksimalkan dahulu ruang bagasi yang ada.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia menjelaskan, membawa barang di kabin bukan sembarang ditaruh tapi harus disusun.

Baca juga: Ketahui Pasang Roof Box Saat Mudik Tetap Ada Risiko Bahaya

Saat mudik lebaran, bawalah barang seperlunya dan jangan memenuhi bagasi hingga kaca belakang tertutupOnderweg/Flickr Saat mudik lebaran, bawalah barang seperlunya dan jangan memenuhi bagasi hingga kaca belakang tertutup

"Barang di dalam kabin tetap harus ditata dan dibungkus cargo net. Jadi bukan asal taruh dengan dimensi dan bobot asal-asalan," ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (21/4/2023).

Sony menjelaskan, barang ditata berdasarkan berat. Paling berat di bawah, makin atas makin ringan.

Pastikan ketinggian barang jangan sampai melewati jok belakang, sehingga pandangan pengemudi ke belakang tidak terhalang.

"Roof box itu dijadikan sebagai tempat penyimpanan tambahan. Barang yang di roof box harus sesuai dengan ukuran, ringan dan bukan cairan," ucap Sony.

Baca juga: Risiko Jadikan Atap Mobil sebagai Bagasi Tambahan


Kemudian soal roof box, tidak bisa sembarang pilih, harus cari yang sesuai standar keamanan. Pastikan ada dudukannya di atap, baik roof rail maupun cross bar.

"Kalau enggak ada, pasti enggak rigid (roof box). Kalau kena terpaan angin, manuver belok, bisa ambrol, copot, atau merusap atap," ucap Sony.

Baca juga: Adu Performa dan Efisiensi MG New ZS Vs DFSK Glory 560

Pemudik tidur saat terjebak antrean panjang di Dermaga 7  Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, untuk naik ke kapal, Kamis (20/4/2023). Kantong parkir di tujuh dermaga yang tersedia sejak Rabu (19/4/2023) malam hingga Kamis (20/4/2024) pagi kembali dipenuhi mobil kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pemudik tidur saat terjebak antrean panjang di Dermaga 7 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, untuk naik ke kapal, Kamis (20/4/2023). Kantong parkir di tujuh dermaga yang tersedia sejak Rabu (19/4/2023) malam hingga Kamis (20/4/2024) pagi kembali dipenuhi mobil kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera.

Jadi untuk para pengguna mobil dengan perjalanan jarak jauh, maksimalkan dahulu ruangan yang ada di kabin. Jika dirasa kurang, maka bisa memasang roof box tapi harus benar agar tidak merusak kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com