Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-2 Lebaran, Masih Ada 50 Persen Masyarakat yang Belum Mudik

Kompas.com - 20/04/2023, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyebutkan masih terlihat adanya kepadatan yang akan masuk ke wilayah Cikampek. Bahkan jelang beberapa hari sebelum Lebaran, arus mudik diprediksi masih ramai.

“Jadi diinformasikan masih ada kurang lebih 40-50 persen masyarakat yang tercatat akan melaksanakan mudik,” ucap Sigit, dilansir dari NTMC Polri (20/4/2023).

Berdasarkan data arus mudik, Kapolri menerangkan pada tahun 2023 arus mudik di H-8 dan H-7 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022.

Baca juga: Viral, Video Aksi Nekat Angkut Sepeda Motor di Atap Mobil Toyota Calya

Suasana Gerbang Tol Kalikangkung H-7 mudik lebaran Idul Fitri 2023KOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Suasana Gerbang Tol Kalikangkung H-7 mudik lebaran Idul Fitri 2023

Kemudian H-6 sampai H-4 juga mengalami lonjakan luar biasa. Sedangkan pada H-3 sampai H-2 jumlahnya sudah melebihi separuhnya jumlah kemarin di jam yang sama.

“Kita ingin memastikan bahwa sisa 40-50 persen yang akan menggunakan jalur tol Cikampek mengarah Kalikangkung bangkitannya bisa kita alirkan sebaik mungkin.” kata Sigit.

Menurutnya, hal ini memang sudah diprediksi di mana pada H-3 dan H-2 ini tingkat arus lalu lintas yang akan mengalir masih cukup tinggi.

“H-3 dan H-2 fluktuasi puncak arus mudik masih tinggi, kemungkinan H-1 akan menurun,” ujar Sigit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com