Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Pulo Gebang Pastikan Sopir dan Bus Prima Sebelum Berangkat

Kompas.com - 20/04/2023, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Terminal Terpadu Pulo Gebang menjadi salah satu titik keberangkatan pemudik yang menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). 

Kasubag TU Terminal Terpadu Pulo Gebang Junaedi mengatakan, untuk tahun ini sarana dan prasarana dari terminal terbesar di Asia Tenggara tersebut telah disiapkan sejak pertengahan bulan puasa

“Kami sudah siapkan sarana dan prasarana untuk kelancaran mudik lebaran seperti posko terpadu, TNI/ Polri, PMI dan pos pemeriksaan kesehatan sopir dan masih banyak lagi. Fasilitas tersebut memang selalu ada setiap tahunnya untuk para pemudik yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang,” kata Junaedi saat ditemui Kompas.com di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Senin (18/4/2023).

Baca juga: Mengulas Interior MG New ZS dan DFSK Glory 560

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini ada pos sahabat perempuan dan anak (SAPA).

Junaedi menjelaskan, keberadaan pos SAPA tersebut untuk menjadi wadah pengaduan kekerasan wanita dan anak di transportasi terminal atau bus. Adapun program itu sudah diluncurkan di Terminal Terpadu Pulo Gebang sejak Oktober 2023.

Stiker bagi bus AKAP yang lolos ramp checkKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Stiker bagi bus AKAP yang lolos ramp check

“Terkait bus, kita punya 101 PO untuk jumlah busnya sekitar 1.000 lebih. Namun, yang terjadi di lapangan jumlah bus masih berada di bawah 500. Tapi untuk jumlahnya sangat cukup untuk mengangkut penumpang di mudik Lebaran tahun ini,” kata Junaedi.

Tidak hanya itu, sebelum bulan puasa dimulai, di terminal tersebut juga sudah ada sejumlah petugas yang bertugas melakukan ramp check untuk memeriksa kelaikan bus.

Baca juga: Pahami Kode dari Sopir Saat Ada Copet di Dalam Bus

Nantinya setiap bus AKAP yang akan berangkat akan diperiksa apakah sedang dalam kondisi baik atau tidak untuk jalan.

Bila dalam ramp check bus lolos, maka akan ditempelkan stiker yang menjadi penanda bahwa bus dalam keadaan optimal dan laik jalan.

“Stiker tersebut ditempel pada kaca paling depan bus,” kata Junaedi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com