Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan PHEV dengan Jarak Tempuh 200 Km

Kompas.com - 10/04/2023, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota terus mengembangkan mobil hybrid, di samping mobil listrik dan mesin bertenaga hidrogen. Belum lama ini, dikabarkan Toyota juga menyiapkan plug-in hybrid vehicle (PHEV) dengan jarak tempuh hingga 200 km.

Hingga 2026, Toyota sudah mengumumkan akan meluncurkan kendaraan elektrifikasi tidak kurang dari 10 model. Bermacam jenis mobil listrik yang disiapkan, mulai SUV hingga pikap.

Baca juga: Kapan Toyota RAV4 PHEV Mulai Dijual di Indonesia?

Sementara untuk mobil hybrid, Executive Vice President Toyota Motor Corporation (TMC) Hiroki Nakajima, mengatakan, para teknisi sedang mengerjakan generasi berikutnya dari PHEV yang mampu menempuh jarak hingga 200 Km, dengan EV mode.

Toyota Prius 2023dok.Toyota.com Toyota Prius 2023

Dikutip dari Motor1.com, Minggu (9/4/2023), pria yang pernah menjabat sebagai Chief Executive Designer PT Toyota Astra Motor (TAM) tersebut tidak menyebutkan metode pengetesan seperti apa yang digunakan.

Tapi, jika bicara jarak tempuh, maka tentu ada hubungannya juga dengan baterai yang digunakan. Sebagai acuan, Prius Prime saat ini memiliki jarak tempuh sekitar 71 km. Kemampuan tersebut didapat dari baterai berkapasitas 13,6 kWh.

Baca juga: Strategi Toyota Luncurkan 10 Mobil Listrik Murni pada 2026

Toyota RAV4 PHEVKompas.com/Ruly Toyota RAV4 PHEV

Namun, masih ada PHEV lainnya yang mampu mencapai jarak yang lebih jauh, yakni Range Rover dan Range Rover Sport, dengan jarak 82 kilometer.

Toyota memiliki beberapa model PHEV di dunia. Selain Prius, terdapat juga RAV4 yang sempat dipamerkan pada Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. SUV tersebut juga rencananya akan dipasarkan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com