Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Colt Terbaru Belum Tentu Masuk Indonesia

Kompas.com - 07/04/2023, 16:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi sedang menyiapkan generasi terbaru Colt 2023 yang akan debut 8 Juni 2023 mendatang di pasar Eropa.

Kendaraan ini merupakan hasil salah satu kolaborasi aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi karena rebadge dari Renault Cilo. Sehingga banyak bagian ataupun aspek yang serupa kendati disematkan pula DNA dari Mitsubishi.

Sebagai contoh, lihat saja desain di teaser-nya. Secara umum mobil memakai tubuh SUV ringkas dari Cilo tetapi tetap terlihat modern dan futuris dengan yang dinamis, khas produk dari produsen tiga berlian itu.

Baca juga: Mitsubishi Cari Momen Pas untuk Meluncurkan Xpander Hybrid

Mitsubishi Colt 2023Doc Carscoops Mitsubishi Colt 2023

Meski bisa membuka pasar baru, Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuhiro Tsuchida mengatakan, sejauh ini belum ada rencana pihaknya untuk memperkenalkan produk terkait ke dalam negeri.

Perkembangan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi di Tanah Air pun pada tahun ini, dipastikan tidak akan ada gebrakan yang signifikan seperti Nissan Livina-Mitsubishi Xpander pada 2019 lalu.

"Kita belum ada rencana impor mobil itu ke Indonesia. Kalau tidak diproduksi di sini, kayanya susah untuk bersaing walaupun mobilnya cukup bagus sih," ucap dia.

"Sementara untuk peregerakkan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi untuk tahun ini, tidak ada (hal yang baru). Memang kalau di global, lebih banyak model dan produk hasil kerja samanya, tapi di sini belum ada lagi," lanjut Tsuchida.

Artinya, peluncuan SUV ringkas hasil pengembangan dari Mitsubishi XFC Concept akan menjadi sajian utama Mitsubishi Indonesia pada periode 2023 ini.

Baca juga: Bocor, Mitsubishi Xpander Hybrid Meluncur di Thailand Duluan

Mitsubishi Colt 2023Doc Carscoops Mitsubishi Colt 2023

Mobil direncanakan untuk diluncurkan jelang akhir tahun dan siap diproduksi lokal. Tahun depan, diharapkan sudah bisa menjalankan aktivitas ekspornya ke beberapa negara tertentu.

Colt terbaru sendiri, diprediksi memakai sebagian besar panel bodi dengan versi terbaru dari Renault Clio.

Perbedaan antara keduanya diperkirakan terbatas pada gril dan emblem Mitsubishi, mirip dengan strategi yang digunakan untuk Renault Captur dan Mitsubishi ASX, yang memiliki arsitektur CMF-B yang sama.

Mitsubishi telah mengonfirmasi bahwa Colt akan menampilkan beberapa opsi powertrain, termasuk sistem hybrid.

Baca juga: Dishub DKI Uji Coba Perubahan Lalu Lintas di Kawasan Santa

Adapun opsi penggeraknya antara lain mesin bensin 1.0 liter turbocharged dengan tenaga 90 hp dan versi hybrid 1.6 liter dengan tenaga 143 hp. Itu identik dengan opsi yang ditawarkan pada Clio.

Mitsubishi menjanjikan bahwa hatchback terbaru Colt ini akan hadir dengan fitur lengkap dan akan memasuki pasar Eropa pada musim gugur 2023. Mobil akan diproduksi bersama Clio di pabrik Bursa di Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com