Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Colt L300 Kembali Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 06/04/2023, 13:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memastikan jika produksi New Mitsubishi Colt L300 akan kembali ke Indonesia setelah sempat dipindahkan ke Filipina tahun lalu.

Hal tersebut, merupakan keputusan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) setelah berdiskusi dengan MMKSI mengenai kesiapan pabrik dan pasar. Saat ini, perseroan disebut sedang memproses pemindahannya.

Demikian dikatakan oleh Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita dalam gelaran Media Gathering 2023 di Jakarta, Rabu (5/4/2023) sore.

Baca juga: Mitsubishi Indonesia Pastikan Kelahiran SUV Ringkas Tahun Ini

New Mitsubishi Colt L300MMKSI New Mitsubishi Colt L300

"Kami memutuskan untuk memindahkan produksi L300 di tahun lalu ke Filipina karena memang saat itu kami melihat baik buat Indonesia untuk memisahkan produksi," kata dia.

"Setelahnya kami ada diskusi dengan MMC mengenai pemindahan L300 lagi, dan hasilnya L300 akan kembali ke Tanah Air. Sekarang sedang persiapan ya bulan depan atau mendatang diproduksi di Indonesia," lanjut Kurita.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan MMKSI Tetsuhiro Tsuchida menyatakan proses pemindahan ini bakal mulai dilakukan pekan kedua April 2023, tetapi bertahap.

Dengan pemindahan produksi L300 untuk ke pabrik MMKI di Indonesia, tidak akan berpengaruh terhadap harga maupun produksi kendaraan Mitsubishi lainnya.

Baca juga: Mobil Listrik Mitsubishi MiEV Siap Produksi, Mau Ikut Program Subsidi

Mitsubishi New Colt L300DOK. MMKSI Mitsubishi New Colt L300

"Akan dimulai segera, kalau tidak salah Minggu depan sudah sedikit-sedikit ya dimulai terhadap persiapannya," kata Tsuchida.

"Tidak ada cost down karena produksinya sama, tinggal dirakit lagi saja. Ini juga tidak mengganggu produksi Xpander karena kan (pemindahan produksi L300) bukan pada masalah volume produksi waktu itu," tambah dia.

L300 sendiri merupakan ulang punggung kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors, di mana model itu menunjukkan performa penjualan positif dan mempertahankan posisi sebagai pemimpin pangsa pasar.

Pada periode 2022, Mitsubishi Colt L300 terjual 19.161 unit dengan pangsa pasar 55 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com