Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Indonesia Pastikan Kelahiran SUV Ringkas Tahun Ini

Kompas.com - 06/04/2023, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Atsushi Kurita memastikan bakal meluncurkan produk sport utility vehicle (SUV) ringas dengan harga kompetitif di Tanah Air pada tahun ini.

Kendati belum bisa diungkapkan namanya, tapi dikatakan bahwa saat ini pihak perseroan sedang melakukan persiapan supaya mobil tersebut dapat langsung diproduksi lokal.

"Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, kami berencana untuk perkenalkan SUV kompak baru dalam waktu dekat di tahun fiskal 2023, dengan Mitsubishi XFC Concept sebagai inspirasi utamanya," kata Kurita dalam Media Gathering 2023 di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Alasan Kenapa Ban Mobil Berdecit Saat Berbelok?

Mitsubishi XFC Concept di PalembangMMKSI Mitsubishi XFC Concept di Palembang

"Saat ini kami belum dapat memberikan informasi detil. Tapi kami sedang dalam tahap persiapan yang intensif untuk produksi dan penjualan mendatang. Saya pastikan model ini akan memiliki tampilan yang mirip dengan model konsepnya," ujar dia lagi.

Adapun kehadiran dan pengembangan SUV baru terkait, merupakan salah satu implementasi dari investasi tambahan yang digelontorkan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) ke Indonesia senilai Rp 10 triliun untuk periode 2022-2025.

Artinya, ketika kendaraan itu sudah diproduksi lokal maka Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN)-nya tidak akan kalah dengan model mobil MMKSI lainnya yang sudah mencapai 70 persen ke atas.

Dalam kesempatan terpisah Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan PT MMKSI Tetsuhiro Tsuchida mengatakan, kendaraan dimaksud akan menantang Honda HR-V yang dipasarkan dengan harga Rp 375,9 jutaan.

Baca juga: Bagaimana Nasib Mesin Motor Lama Usai Dilakukan Konversi ke Listrik?

Exterior Mitsubishi XFC Concept.Dok. Mitsubishi Exterior Mitsubishi XFC Concept.

"Saya tidak bisa katakan lebih jauh, tetapi nanti tidak terlalu murah dan tentu tak begitu mahal. Mungkin akan bersaing dengan HR-V," ucapnya.

Diketahui, debut perdana XFC Concept di Indonesia dilakukan di lantai pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar sepanjang 16-26 Februari 2023 lalu.

Mitsubishi menyebutkan bahwa mobil tersebut menggabungkan aura SUV yang kompak tapi kuat. Bagian grille nampaknya akan dibuat cukup besar tepat di bawah logo tiga berlian.

Mitsubishi menyebutkan bahwa mobil tersebut menggabungkan aura SUV yang kompak tapi kuat. Bagian grill nampaknya akan dibuat cukup besar tepat di bawah logo tiga berlian.

Baca juga: Bahaya, Jangan Menyiram Piringan Cakram Mobil yang Panas

Mitsubishi XFC Concept hadir di BandungDok. MMKSI Mitsubishi XFC Concept hadir di Bandung

Dilihat dari sisi samping, jarak terendah ke tanahnya cukup tinggi yang menguatkan karakter SUV. Sedangkan spion, mengandalkan kamera. Lekuk bodinya membuat mobil jadi terkesan kekar.

Apalagi, didukung dengan kaki-kaki yang cukup besar. Pelek dengan diameter 16 inci atau 17 inci jadi pilihan paling tepat untuk SUV kompak.

Pada bagian belakang, lampunya masih terlihat ada kemiripan dengan Xpander. Sementara pada bagian atas, terdapat spoiler yang memberikan kesan sporty.

Pada bumper belakang, terlihat juga ada DRL model heksagon yang menghiasi. Beralih ke bagian kabin, tata letaknya tak jauh berbeda dengan mobil zaman sekarang.

Baca juga: Daftar Bengkel Konversi Motor Lisrik yang Sudah Tersertifikasi

Interior Mitsubishi XFC Concept.Dok. Mitsubishi Interior Mitsubishi XFC Concept.

Dua layar full digital yang cukup besar menghiasi bagian dasbor. Sementara konsol tengah, digunakan untuk tuas persneling. Setirnya sendiri model flat bottom dan pastinya akan dilengkapi juga dengan berbagai tombol multifungsi.

XFC Concept juga disebutkan dibekali dengan empat mode berkendara, yakni Normal, Gravel, Mud, dan Wet. Mode ini dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan di negara-negara ASEAN, seperti memungkinkan pengendaraan yang aman, bahkan di jalan yang dibanjiri hujan tiba-tiba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com